Solid State Drive (SSD) Jadi Penampung Data Digital Tercepat

saat ini ada beberapa merk yang bermain SSD seperti SanDisk, Samsung, dan Kingston. Biasanya kapasitas 120 GB dijual 700 ribuan, lalu 240 GB seharga 1,2 jutaan, 500 GB seharga 2 jutaan dan 1 TB seharga 4 jutaan.

Metrotangsel.com – SSD merupakan sebuah media data portable, hemat daya, kapasitas cukup dan akses data dipastikan menjadi yang tercepat. Kecepatan HDD dalam mengakses datanya biasanya dibawah 100 MB/s maka SSD bisa mencapai diatas 200 MB/s.

Selain itu, SSD juga cocok untuk diisi seluruh sistem operasi komputer misal Windows untuk waktu booting yang lebih cepat, atau untuk rekam/capture video kelas berat seperti 4K atau UHD.

Ukuran lebih besar dari kartu memori tapi lebih kecil dari HDD menjadikan SSD menjadi sebuah media simpan data portabel, hemat daya, kapasitas cukup dan akses data cepat. Saat HDD akses datanya biasanya dibawah 100 MB/s maka SSD bisa mencapai diatas 200 MB/s. Cocok untuk diisi seluruh sistem operasi komputer misal Windows untuk waktu booting yang lebih cepat, atau untuk rekam/capture video kelas berat seperti 4K atau UHD.

Jika kita bandingkan lagi, Hardisk (HDD) memang punya kapasitas besar dan lebih murah tapi punya kelemahan karena cara kerjanya mekanik (ada plate yang berputar). Dan hal itu membuat konsumsi daya listrik lebih tinggi, kecepatan akses data agak lebih lambat, juga rentan rusak. Sementara Flash disk sebagai media simpan berbasis chip kapasitasnya kurang besar untuk penyimpanan data yang banyak. Sedangkan kartu memori akan lebih cocok dipasang di perangkat mobile phone. (gp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here