Tahun Ini, Pasar Modern BSD Jadi Prototipe Pembangunan Pasar Rakyat

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita didampingi oleh Dhony Rahajoe, Managing Director President Office Sinar Mas Land saat mengunjungi Pasar Modern beberapa waktu lalu. (Foto : propertynbankcom)

METROTANGSEL.COM–Program pembangunan dan revitalisasi pasar rakyat tahun 2017 mengadopsi Pasar Modern BSD sebagai model atau prototipe pembangunan dan tata kelola pasar yang baik dan benar.

Pemerintah melalui Kementrian Perdagangan telah meminta Sinarmas Land untuk menyusun prototipe standarisasi pengelolaan dan penataan pasar untuk menjadi acuan.

“Prototipe ini menjadi acuan atau standardisasi dari revitalisasi pasar rakyat, ada klasifikasi gedungnya, DED, spek bahan bangunan yang digunakan, semua lengkap,”kata Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita beberapa waktu lalu.

Ia menyebutkan pembangunan dan revitalisasi pasar rakyat tahun 2017 harus mengikuti standardisasi yang telah disiapkan, sehingga mudah untuk diawasi dan dipertanggungjawabkan.

Pemerintah mentargetkan membangun 5000 pasar tradisional di seluruh Indonesia hingga tahun 2019 mendatang.

“Kita ingin membangun pasar tradisional modern, tetapi seluruh anggarannya tepat guna dan tepat sasaran, bangunan pasar sehat, layak dan bisa benar-benar dipertanggungjawabkan, baik anggarannya maupun kualitas bangunannya,” Tandas Enggar.

Sinar Mas Land membangun pasar modern di BSD City pada tahun 2004  diatas lahan seluas 3,2 hektare.  Pasar Modern BSD sering dijadikan contoh konsep pasar tradisional yang dikelola secara modern oleh pemerintah dan swasta.  Sejak diresmikan,  Pasar Modern BSD sudah menampung lebih dari 800 UMKM. (asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here