Riuhnya Peringatan 17-an oleh Anak-anak Penyandang Disabilitas

METROTANGSEL.COM–Momen perayaan hari kemerdekaan Bangsa Indonesia kali ini cukup berbeda dari sebelumnya.

Kemeriahan tampak dimana-mana.   Beragam wahana perlombaan pun diikuti masyakarat  dari segala usia yang tinggal pelosok kampung, hingga di kawasan hunian perkotaan dengan bersemangat dan suka cita.

Tak terkecuali dengan anak – anak penyandang disabalitas  yang tinggal di asrama anak, Yayasan penyandang Disabilitas, Sayap Ibu,  di jalan Graha Raya, Bintaro Tangerang Selatan. Kamis (17/17).

Mereka seakan tidak mau ketinggalan momentum untuk merayakan tujuh puluh dua tahun kemerdekaan negaranya.

Dengan menggunakan pakaian adat daerah dan pernak pernik merah putih,  mereka antusias melaksanakan upacara bendera.

Seluruh petugas upacara, mulai dari pembawa bendera merah putih hingga yang membawakan lagu kebangsaan Indonesia Raya pun dilakukan oleh anak-anak penyandang disabilitas ini.

Usai melaksanakan upacara bendera, mereka, yang didampingi para staf Yayasan,  pun lantas mengikuti berbagai perlombaan seperti lomba memasukan bola, makan kerupuk hingga membawa kelereng.

Suasananya begitu riuh oleh sorak penonton yang menyaksikan perlombaan. Mereka bersorak memberikan semangat kepada anak-anak yang tengah mengikuti perlombaan.

Ketua Yayasan Sayap Ibu Tangsel, menjelaskan, kegiatan yang dilakukan anak-anak tersebut merupakan pengingat bagi masyakarat bahwa mereka itu ada. Dan memiliki hak yang sama untuk bergembira, berprestasi dan berinteraksi.

“Tujuan kami merayakan dan memperingati hari kemerdekaan ini untuk menyuarakan hak anak-anak disabilitas.  Bahwa mereka punya hak berprestasi, berinteraki dan diakui masyarakat,” Kata Renowati Hardjosubroto.

Meski memiliki kekurangan secara fisik dan kerap luput dari perhatian pemerintah, anak-anak ini tetap bersemangat ikut berpartisipasi memeriahkannya.

“Tahun ini memakai kostum daerah adat nasional dengan dihiasi berbagai atribut. Karena kami menghargai berbagai perbedaan,” tandasnya. (asn)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here