Sultan Banten Hadiri Pengukuhan Majelis Agung Raja Sultan Se Nusantara

Sultan Banten (Baju warns Emas) di Acara Pengukuhan Majelis Raja Sultan (MARS) Se Nusantara.

 

METROTANGSEL.COM–Sultan Syarif Muhammad ash-Shafiuddin menghadiri acara Pengukuhan Majelis Agung Raja Sultan (MARS) Indonesia yang diadakan di Gedung Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri Jakarta, Kamis (24/08).

Sultan Banten ke -18 ini menjelaskan, pengukuhan MARS tersebut menunjukan bahwa pemerintah telah melegitimasi keberadaan Raja Sultan di Indonesia.   Sehingga peran Kesultanan se Nusantara akan lebih terukur dan Jati diri Bangsa makin terlihat dan kuat.

“Usai dikukuhkannya MARS oleh Kemendagri, maka legal standing menjadi kekuatan, Kesultanan Banten yang sudah diakui oleh Pemerintah Pusat harus mempunyai peran penting untuk mengangkat Banten yang berakhlakul karimah dan berbudaya. Setelah dikukuhkan maka tak ada hambatan lagi dalam perjuangan membangun kembali jati diri bangsa,” pungkas Sultan Syarif.

Acara yang diprakarsai Kementerian Dalam Negeri tersebut mengundang seluruh Sultan, Raja, Datuk, Panglengsir, dan pemangku adat dari 305 (tiga ratus lima) Kerajaan dan kesultanan dari 34 provinsi yang ada di Nusantara.

Dalam isi sambutan yang dibacakan Sekjen Mendagri Hadi Prabowo RTB, Mendagri Tjahjo Kumolo menjelaskan bahwa saat ini seni budaya di berbagai daerah di nusantara mulai terkikis, diharapkan Majelis Agung Raja Sultan (MARS) Indonesia dapat berperan aktif sebagai mitra pemerintah dalam memajukan seni budaya daerah untuk membentuk jati diri bangsa dan dalam upaya menjaga keutuhan NKRI. (asn)
 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here