Sekelompok Anak Muda Tangsel Luncurkan Program Solidaritas #Gerakan Umroh Gratis

METROTANGSEL.COM–Kasus First Travel begitu menyita banyak perhartian masyarakat. Betapa tidak, puluhan ribu calon jamaah ibadah umroh dari berbagai daerah, batal berangkat menuju Mekkah.

Nenek Martini (71), penjual telur puyuh yang menjadi salah satu korban First Travel asal Padang Sumatera Barat ini begitu terpukul. Impiannya saat itu untuk menjalankan ibadah ditanah suci seketika sirna.

Namun, Tuhan sepertinya punya rerncana lain. Derita nenek Martini yang menjadi korban First Travel yang naik pemberitaan dan menjadi viral  ini, ternyata mendapat perhatian seorang anak muda bernama Fahd Pahdepie.

Pemilik biro perjalanan Umrah Leadership Series (ULS) ini, berinisitif untuk memberangkatkan umrah nenek Martini secara gratis.

“Tak disangka, berawal dari inisiatif kecil itu, berbagai bantuan dan tawaran untuk ikut terlibat dalam gerakan solidaritas ini terus berdatangan. Dalam hitungan jam setelah inisiatif ini diunggah ke laman Facebook saya, banyak yang menyatakan bersedia membelikan tiket gratis,” ungkap Fahd Pahdepie.

Nah, lanjut Fahd, dari sanalah ide Gerakan Umrah Gratis tersebut muncul. Gerakan solidaritas ini sekaligus menunjukan rasa empati di tengah kasus First Travel.

“Mereka (korban First Travel) gagal berangkat umrah, padahal sudah menabung bertahun-tahun dari hasil keringat mereka, apalagi di antara mereka adalah lansia. Dan ternyata banyak orang yang tergerak untuk membantu memberangkatkan mereka,”tambahnya.

Rabu (30/8) lalu, gerakan solidaritas ini resmi diluncurkan di Jakarta. Simpati dan dukungan pun terus berdatangan, mulai dari Umrah Leadership Series (ULS) yang siap memberikan fasilitas hotel gratis di Makkah, hingga Kitabisa.com yang yang melalui CEO-nya mengatakan akan membantu secara penuh penggalangan dana masyarakat untuk gerakan ini.

Dukungan dari tokoh masyarakat dan figur publik pun terus mengalir, mulai dari Ust. Adi Hidayat yang menyatakan dukungan dan kesiapannya membantu gerakan ini, Muhammad Alvin Faiz (putera KH Arifin Ilham), hingga konsultan politik Denny JA yang sudah berkomitmen memberikan satu tiket gratis untuk siapa saja yang membutuhkan.

Saat ini Gerakan Umrah Gratis sedang menghimpun sebanyak mungkin data dan profil jamaah yang perlu bantuan, bukan hanya dari para korban First Travel saja. Jika Anda memiliki informasi atau ingin menjadi relawan, bisa mengunjungi wwww.gerakanumrahgratis.com. Sementara itu penggalangan donasi akan dilakukan minggu depan di kitabisa.com bagi siapa saja yang ingin turut membantu.

Gerakan Umrah Gratis menghimpun bantuan baik materi maupun non-materi dari para dermawan untuk turut mengantarkan saudara-saudara kita yang membutuhkan agar bisa berumrah secara gratis. Gerakan ini ingin memberangkatkan para salih yang sudah lanjut usia dan tidak mampu, janda-janda miskin yang salehah, termasuk mereka yang di tengah keterbatasannya telah menunjukkan pengabdian dan komitmen tinggi kepada ajaran Islam (ustadz-ustadz kampung, marbot-marbot masjid, para penghafal quran, guru mengaji, dan lainnya). (asn)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here