Simulasi ‘Quick Respons’ Virus Flu di Tangsel Diresmikan Menkes

ilustrasi foto @copyright madenagi.com

METROTANGSEL.COM–Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia Nila F. Moeloek membuka kegiatan simulasi penangulangan episenter pandemi influenza di Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Selasa (19/9/2017).

Kegiatan simulasi yang dilakukan selama dua hari (19-20 September 2017) di Graha Widya Bhakti, Puspiptek ini mencakup semua komponen dalam manajemen risiko pandemi dengan pendekatan Whole Society.

“Kita libatkan seluruh komponen dan lintas sektor, mulai dari tingkat pusat hingga masyarakat di daerah untuk mengikuti simulasi ini. Dengan harapan nanti bisa memberi respons yang cepat dan tepat ketika sinyal pandemi influenza muncul.”ujar Nila F. Moeloek.

Menkes Nila F. Moeloek juga menjelaskan, simulasi tersebut juga bertujuan sebagai uji kemampuan efektifitas protokol dan rencana kontijensi maupun operasional yang akan digunakan untuk penanggulangan episenter.

Daerah Tangerang Selatan dan Tangerang dipilih karena kasus pertama flu burung di Indonesia pada 2005 lalu. Meski diselenggarakan di Tangerang Selatan, simulasi ini dapat diadaptasi oleh provinsi maupun kabupaten lain di Indonesia.

Pembukaan simulasi ditandai dengan memencet alarm bersama Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy dan Walikota Airin Rachmi Diany Gedung Graha Widya Bakti, Puspitek, Kelurahan Muncul, Kecamatan Setu, Kota Tangsel, Selasa (19/9/2017). (ton/asn)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here