Dirjen Bina Pemdes : Pengawasan Dana Desa Itu Berlapis.

haloserpong.com—Masyarakat diminta untuk tetap memberikan kepercayaan kepada pemerintahan desa dalam mengelola dana desa yang digelontorkan pemerintah pusat.

Demikian dikatakan Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Bina Pemdes Kemendagri) , Nata Irawan usai memberi Kuliah Umum di Kampus Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Jakarta.

Nata juga menjamin bahwa, selain dapat diawasi oleh masyarakat, penggunaan dana desa juga diawasi pemerintah, baik pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten serta aparat penegak hukum.

“Dana desa sudah jelas pengaturannya, digunakan untuk apa saja, itu diatur dalam PP (Peraturan Pemerintah),” katanya.

Nata juga mengungkapkan pihaknya juga sudah beberapa kali rapat dengan Komisi II DPR untuk membagi tugas pengawasan dana desa.

“Kami membagi tugas mana yang masuk (wewenang) aparat pengawas internal pemerintah, mana yg menjadi tanggungjawab aparat penegak hukum,” ujarnya.

Menurut Nata, aparat pengawas internal pemerintah berkewajiban melakukan pembinaan dan memberikan pemahaman jika terjadi kekeliruan yang terjadi terhadap penggunaan dan pengelolaan dana desa.

“Kalau saat ini, belum diproses, belum diberikan pemahanan, belum dibina, tib-tiba persoalan hukum masuk,” tuturnya.

Ajak mahasiswa ‘turun’ ke desa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here