Peran Penting Warga Di Dunia Jurnalistik  

METROTANGSEL.COM – Jurnalisme warga merupakan komponen terpenting dalam membangun tatanan sosial dan budaya di masyarakat.

Dan lewat pendekatan budaya, masyarakat diharapkan mampu mengimbangi kemajuan jaman.

Demikian dikatakan Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie dalam acara diskusi jurnalistik bertajuk ‘Peran Penting Warga Dalam Dunia Jurnalisme’ di Resto Kampung Anggrek, Serpong, Kamis (12/10/2017).

Sebab saat ini, lanjut bang Ben, warga dengan mudah menyampaikan kondisi dan situasi serta keluhan mengenai lingkungannya lewat media sosial.

Tapi terkadang teknis penyampaianya atau reportasenya masih banyak yang belum memenuhi kaidah jurnalistik.

Namun ia berharap agar warganya bisa diberikan pemahaman soal jurnalisme. Hal tersebut bertujuan untuk mengendalikan penyebaran berita-berita hoax yang sangat membahayakan.

“Sekarang yang harus kita waspadai bersama adalah,  bagaimana warga juga harus menghindari penyebaran berita hoax. Karena penyebaran berita hoax ini sangat berbahaya bagi keadaan sosial kita,”ungkapnya.

Ditempat yang sama, Anggota Dewan Pers, Hendry CH Bangun menjelaskan bahwa saat ini setiap warga sudah menjadi dan melakukan kerja jurnalis.

Dia juga mengatakan bahwa jurnalisme warga muncul supaya masyarakat mendapatkan alternatif informasi yang selama ini perusahaan-perusahaan pers telah terpasung oleh berbagai kepentingan.

“Kalau warga menyikapi ini dengam baik. Maka peran jurnalisme warga ini sangat positif sekali. Seperti contoh kasus tsunami di Aceh,  ketika itu media belum bisa masuk ke lokasi tsunami. Sehingga informasi yang tersebar, adalah melalui rekaman dari warga,” paparnya.

Hendry sebutkan, tantangan terbesar para jurnalis warga adalah dengan meningkatkan kualitas produknya, keterampilan mencari informasi, menulis laporan, memproduksi berita baru kemudian di konsumsi masyarakat.

“Sekarang tinggal bagaimana kita memperbaiki kualitas jurnalisme warga, ini untuk menghasilkan produk Jurnalis yang baik dan informasi yang benar,” tandasnya. (Dra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here