15 Karya Foto Jurnalistik Masuk Nominasi Pemenang Lomba

SERIUS - Tim jurinya terdiri dari Arbain Rambey (Kompas), Bay Ismoyo (AFP), Ismar Patrizky (LKBN ANTARA), Adri (Indopos) dan Ukon Suganda (Akademisi Jurnalistik) Tengah series mengamati karya foto untuk dipilih sebagai pemenang lomba. (asn/metrotangsel.com)

METROTANGSEL.COM – Tim juri lomba foto jurnalistik telah menetapkan lima belas karya foto terbaik yang masuk nominasi pemenang. Senin (20/11).

Sedangkan juara lomba akan diumumkan pihak panitia tanggal 26 November 2017, sekaligus penyerahan hadiah.

Kelima belas karya foto itu terbagi kedalam tiga kategori peserta, yakni pelajar, umum dan jurnalis tersebut dianggap sudah mewakili refleksi geliat pembangunan Kota Tangsel dalam momentum ulang tahun Tangsel ke 9 tahun.

Proses penjurian yang dilaksanakan di Bupe Resto, Cilenggang, Serpong, Tangsel, berjalan cukup alot.

Terutama saat menilai hasil karya foto kategori pelajar. Beberpa karya fotonya tidak kalah bagus dibandpara jurnalis foto.

Arbain Rambey yang menjadi salah satu juri tamu menjelaskan bahwa hasil karya foto yang masuk cukup membuat para juri sedikit kesulitan menentukan karya mana yang terbaik disetiap kategorinya.

“Terus terang, kita agak sulit menentukan mana karya foto yang terbaik. Karna karya fotonya langsung nengerucut ke tema,”jelas Arbain.

Selain itu, Arbain berharap agar kegiatan seperti ini (lomba foto Jurnalistik) harus secara rutin dilaksanakan, agar lebih banyak lagi masyarakat yang ikut berkarya.

Sementara Bay Ismoyo, juri tamu lainnya, membeberkan kriteria penilaian karya foto jurnalistik tetap menitik beratkan pada velue atau nilai berita pada sebuah frame foto.

“Kita sepakat bahwa penilaian karya foto dititik beratkan dulu penilaiannya pada velue atau nilai berita sebuah foto. Setelah itu baru selanjutnya penilaian pada gambarnya, yaitu komposisi, warna dan lainnya” beber Bayu.

Untuk diketahui, Kegiatan lomba foto ini merupakan rangkaian kegiatan Jurnalistik Tangsel 2017 yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tangsel dan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Banten.

Tim jurinya terdiri dari Arbain Rambey (Kompas), Bay Ismoyo (AFP), Ismar Patrizky (LKBN ANTARA), Adri (Indopos) dan Ukon Suganda (Akademisi Jurnalistik) (asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here