Kunjungi Korban Puting Beliung, Istri Wagub Banten Temukan Hal Miris Warganya

METROTANGSEL.COM, SERANG Istri Wakil Gubernur Banten Adde Rosi Khoerunnisa, mengunjungi rumah warga yang rusak akibat angin puting beliung di Kelurahan Sawah Luhur, Kecamatan Kasemen, Kota Serang. Senin (4/12/).

Dalam kunjungannya bersama jajaran PMI Kota Serang, itu Aci -sapaan akrab Adde Rosi- merasa miris melihat nenek berusia 80 tahun, Lilik, korban angin puting beliung, tinggal di sebuah rumah yang kondisinya sangat tidak layak huni.

Nenek Lilik tinggal di rumahnya berukuran 1,5 meter persegi bersama seorang anak perempunya yang  sudah lama mengalami gangguan jiwa.

“Itu anak ibu? Sakit apa?” tanya Aci kepada Nenek Lilik, saat melihat perempuan muda dengan tatapan kosong tergeletak di sebuah amben kayu.

Si nenek pun menceritakan anak semata wayangnya yang mengalami gangguan jiwa sejak beberapa tahun lalu. Ia pasrah melihat kondisi anaknya itu lantaran tidak mampu mengobati karena faktor ekonomi.

Mendengar cerita si nenek, Aci pun langsung menyikapi kondisi masyarakat yang masih sulit membawa anggota keluarganya, yang mengalami gangguan jiwa, untuk mendapatkan pengobatan.

Aci, yang juga mejabat sebagai wakil DPRD Banten ini pun, mendorong pemerintah untuk segera dilaksankannya pembangunan rumah sakit jiwa oleh Pemprov Banten pada tahun 2018.

“Sekarang rumah sakit di Banten belum ada yang mau menampung pasien dengan gangguan jiwa. Betapa pentingnya, bahwa di Provinsi Banten kita harus memiliki rumah sakit jiwa, supaya bisa menampung dan menangani warga Banten yang membutuhkan,” ungkapnya.

Sementara menyikapi kondisi rumah nenek Lilik yang tidak layak huni,  Aci meminta ketu RT setempat segera membantu menyerahkan data nenek Lilik untuk diusulkan mendapat bantuan dari pemerintah.

“Nanti saya usulkan diprogram rumah tidak layak huni ya Bu ya. Mau kan dibedah rumahnya? Tapi yang sabar ya Bu ya, karena kan ada prosesnya. Ibunya yang sehat ya,” tutur Aci yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Provinsi Banten ini.

Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) memiliki program ‘Rutilahu’ untuk membantu merehabilitasi rumah warga yang tidak layak huni. (rph/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here