Reses ke III : Moh. Soleh Asnawi Terapkan Enterpreneur di Dapilnya  

Wakil Ketua DPRD Tangsel Moh Saleh Asnawi saat menggelar reses ke lll dikawasan Muncul, Kecamatan Setu.

METROTANGSEL.COM, Setu – Memasuki masa reses Anggota DPRD Kota Tangerang Selatan (Tangsel) di daerah pemilihan (Dapil) masing-masing, tak sedikit masyarakat yang mengikuti reses kerap menyampaikan aspirasinya berupa pembangunan fisik yang ada di lingkungannya.

Namun, berbeda dengan Wakil Ketua DPRD Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Moh Saleh Asnawi, yang menggelar reses ke lll dikawasan Kelurahan Muncul, Kecamatan Setu, dimana, dalam reses tersebut, Saleh mengajak masyarakat supaya berjiwa entrepreneur serta tidak melulu aspirasi pembangunan fisik dan pelayanan masyarakat yang disampaikan warga.

Tetapi, dia juga lebih menekankan kepada masyarakat aspirasi yang disampaikan bisa juga dalam bentuk program pemberdayaan masyarakat.

“Untuk persoalan program fisik seperti drainase, pembangunan jalan poros, dan lainnya, bisa disampaikan dalam kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kelurahan hingga tingkat kecamatan,” katanya menjelaskan kepada wartawan, Minggu (24/12/2017).

Meski demikian, lanjut Saleh, jika nantinya aspirasi yang disampaikan dalam kegiatan Musrenbang itu tidak terealisasi, maka baru bisa disampaikan dalam kegiatan reses dewan.

“Saya ingin tawarkan ke warga, jangan terus menerus menyampaikan aspirasi soal pembangunan fisik dalam kegiatan reses, ada yang lebih bermanfaat lagi. Yaitu berupa program pemberdayaan masyarakat dalam hal mendidik para enterpreneur muda di dapil saya,” ungkapnya.

Menurutnya, jika aspirasi yang disampaikan dalam bentuk program pemberdayaan masyrakat, maka dampaknya akan jauh lebih bermanfaat bagi masyarakat secara langsung terutama soal perekonomian masyarakat.

“Misalnya, seperti tadi ada yang menyampaikan aspirasi soal bagaimana warga bekerjasama dengan balai pelatihan keterampilan, serta pendidikan wirausaha. Sehingga nantinya saya sebagai wakil rakyat, akan melibatkan dinas terkait untuk melatih bahkan nanti memberi modal wirausaha warga sini, terutama kepada para pemudanya,” Saleh menambahkan.

Dengan begitu, masyarakat bisa merasakan juga program Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel, tentang Kota Layak Pemuda. Dimana, pemuda harus diikutsertakan dalam membangun perekonomian daerah melalui bidang enterpreneur.

“Tapi tetap aspirasi-aspirasi lainnya saya tampung dan akan saya perjuangkan agar bisa segera di realiasaikan. Seperti tadi ada yang masih mengeluhkan pelayanan kesehatan dan lainnya,” ujarnya.

Dani, warga setempat yang mengikuti jalannya reses Wakil Ketua DPRD Tangsel ini mengaku setuju dengan adanya aspirasi dalam reses yang lebih kepada program pemberdayaan masyarakat seperti pelatihan untuk membentuk para enterpreneur muda di wilayah Kecamatan Setu.

“Ini ide yang sangat bagus, kami sangat mendukung, dan tadi juga ada beberapa warga menyarankan agar diadakan pelatihan, bahkan juga kerjasama dengan beberapa perusahaan besar yang ada di wilayah sini,” tandasnya. (hdr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here