73 Sekolah Negeri dan Swasta di Tangsel, Terima Sertifikat Akreditasi

METROTANGSEL.COM, Serpong – Sebanyak 73 sekolah tingkat dasar dan menengah negeri dan swasta yang ada di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), mendapat sertifkat akreditasi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel.

Dari 73 sekolah yang mendapat predikat dan menerima sertifikat akreditasi, yakni 50 Sekolah Dasar (SD) dan 23 Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel, Taryono, mengatakan bahwa setiap sekolah yang dikelola pemerintah, diwajibkan untuk mengikuti akreditasi.

Menurut Taryono, akreditasi pada setiap lembaga pendidikan atau sekolah wajib dipenuhi. Karena hal itu  menjadi salah satu cara mengukur mutu dan kualitas pendidikan yang ada ditiap-tiap sekolah.

“Akreditasi sangat penting dan harus dimiliki setiap lembaga pendidikan. Karena bisa menjaga dan meningkatkan sistem tata kelola manajemen serta proses belajar mengajar di sekolah,”kata Taryono usai menyerahkan sertifikat Akreditasi di Global Islamic School, Kecamatan Serpong, Rabu, (17/1 2018).

Ia pun menargetkan mulai tahun 2018, ini semua sekolah negeri dan swasta di Kota Tangsel harus bisa mendapatkan sertifikat akreditasi.

“Kita dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel terus meningkatkan sistem pelayanan pendidikan berkualitas. Baik negeri maupun swasta. Kita hilangkan dikotomi negeri swasta untuk hal kualitas,” ujarnya.

Sedangkan untuk biaya dalam proses pelaksanaan akreditasi tersebut, sudah ada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2018 yang akan menanggungnya. Sedangkan untuk sekolah swasta biaya dilakukan secara mandiri.

“Tahun ini (2018), kami menganggarkan 40 sekolah dasar di Tangsel untuk bisa mengikuti sertifikasi untuk mendapatkan akreditas. Anggran tersebut diambil dari APBD murni 2018,”tandas Taryono. (hdr/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here