Jelang Pemilu 2019, KPU Kota Tangsel Mulai Rekrut Tenaga PPK

METROTANGSEL.COM, Serpong – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mulai tahapan persiapan penyelenggarakan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) yang dilakukan serentak tahun 2019 mendatang.

Tahapan tersebut adalah perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang akan bertugas di tujuh Kecamatan di Kota Tangsel.

Ketua KPU Kota Tangsel, Mohamad Subhan, menjelaskan tahapan rekrutmen calon PPK kali ini berbeda dengan aturan perekrutan pada tahun-tahun sebelumya. Salah satunya adalah, pelamar yang disyaratkan untuk PPK harus berusia minimal 17 tahun keatas.

“Pada Pemilu sebelumnya syarat minimal itu umurnya 21 tahun. Itu yang berbeda dari aturan yang sebelumnya. Untuk lainnya sama saja persyaratannya,” kata Subhan kepada wartawan di sekretariat KPU Tangsel, Jalan Buana Kencana Sektor XII, Blok E-1 BSD, Serpong, Rabu (17/1/2018).

Untuk jumlah peserta, Subhan jelaskan bahwa satu kecamatan dibutuhkan tiga orang PPK, sehingga KPU menargetkan satu kecamatan minimal harus ada enam calon atau pendaftar.

“Kami menargetkan satu kecamatan ada enam calon, tujuannya agar lebih komptitif dalam seleksi dalam menentukan tiga nama yang akan terpilih menjadi PPK yang akan bertugas di kecamatan,” beber Subhan.

Sementara Divisi Teknis KPU Kota Tangsel, Badrussalam menambahkan bila KPU menetap[ka bebrapa persyaratan untuk rekrutmen calon PPK.

Seperti syarat ijazah dan beberapa surat pernyataan yang menerangkan jika calon PPK itu bukan anggota atau kader maupun pengurus salah satu partai politik. Pendaftar calon PPK juga tidak pernah terlibat tindak pidana serta belum dua kali menjabat sebagai PPK. (hdr.asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here