Temui Wakapolri Airin Bahas Penguatan Fungsi Inspektorat

METROTANGSEL.COM, Jakarta – Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany menemui Wakalpolri Komjen Syafruddin di Mabes Polri, Jakarta. Selasa (30/1/2018).

Kedatangan Airin ke Mabes Porli itu dalam kapasitasnya sebagai Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI).

Ia datang bersama sejumlah kepala daerah seperti Walikota Manado Vicky Lumentut yang menjabat sebagai Dewan Pengawas APEKSI,  Walikota Parepare Taufan Pawe, dan Wali Kota Binjai, Muhamad Idaham, keduanya selaku Wakil Ketua APEKSI.

Sejumlah Kepala Daerah yang tergabung salam APEKSI saat berudensi dengan Wakapolri. (foto : Kemal)

Pertemuan tersebut APEKSI membahas tentang sistem pengamanan dan pelanggaran jelang Pilkada di beberapa daerah dan program kerja APEKSI 2018.

Selain itu, pembahasan berlanjut pada keinginan agar surat keputusan bersama (SKB)  tiga lembaga kemendagri-Polri-Kejaksaan menjadi penguatan bagi Aparat Pengawasan Interen Pemerintah (APIP).

Sehingga penguatan APIP bisa lebih fokus, dimana Inspektorat di Pemerintah daerah dapat befungsi sebagai pencegah tindak pidana korupsi.

“Banyak masukan dari beliau (Wakapolri) untuk mendukung kinerja para Wali Kota anggota APEKSI. Dan kehadiran kami ini sekaligus mengundang kehadirannya di Rakernas APEKSI 2018 ini yang akan dilaksanakan di Kota Tarakan,”ujar Airin.

Sebelumnya, Airin, bersama sejumlah kepala daerah yang tergabung dalam APEKSI melakukan audensi dengan KPK, di Jakarta, Kamis (18/1/2018).

APEKSI dan KPK menyatakan sepakat memperkuat pencegahan korupsi melalui program APIP (Aparat Pengawas Internal Pemerintah), terkait banyak kepala daerah terlibat dalam kasus korupsi. (asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here