Tangsel Raih Predikat Kota Modern Paling Layak Huni Se Indonesia

METROTANGSEL.COM, Jakarta – Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Indonesia meluncurkan indeks kota layak huni di Indonesia. Survei bertajuk Most Liveable City Index (MLCI) 2017 ini berbasis pada persepsi warga kota mengenai kelayakhunian kota tempat tinggalnya.

Dalam survey tersebut, Kota Tangerang Selatan yang baru kali pertama diikut sertakan salam survey, sudah masuk ke dalam Top Cities dengan nilai indeks kota layak huni di atas rat-rata.

Wakil Sekretariat Jenderal Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Elkana Catur mengatakan telah melakukan survei di 26 kota dan 19 provinsi di Indonesia.

“Indeks ini dimulai dari perencanaan terhadap kotanya. Ada 29 kriteria yang kami gunakan menggambarkan apa yang diinginkan warga,” ujar Elkana seperti yang dilansir dari laman sematan.

Aspek yang dimaksud oleh Elkana salah satunya mencakup kebutuhan dasar warga, partisipasi masyarakat, ekonomi, sosial dan budaya, kualitas lingkungan, keamanan dan keselamatan, dan sarana dan prasarana kota.

“Ada 7 kota yang masuk top cities alias berada di atas rata-rata, salah satunya Tangerang Selatan menjadi kota yang baru kita survei tapi masuk top cities yang modern paling layak huni, angkanya mencapai 65,4,” ujarnya.

Berikut daftar Kota Layak Hunt versi IAP Indonesia dalam Survei bertajuk Most Liveable City Index (MLCI) 2017

1. Solo dengan nilai kelayakan 66,9 %
2. Palembang dengan nilai kelayakan 66,6 %
3. Balikpapan dengan nilai kelayakan 65,8 %
4. Denpasar dengan nilai kelayakan 65,5 %
5. Tangerang Selatan dengan nilai kelayakan 65,4 %
6. Semarang dengan nilai kelayakan 65,4 %
7. Banjarmasin dengan nilai kelayakan 65,1 %

(smt/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here