ASN Diizinkan Menpan-RB Dampingi Suami/Istri Berkampanye

METROTANGSEL.COM, Semarang – Aparatur sipil negara (ASN) diizinkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur untuk mendampingi suami atau istrinya yang menjadi calon kepala daerah selama tahapan penyelenggaraan pilkada.

“Hal tersebut tertuang dalam Surat Edaran Menpan-RB Nomor B/36/M.SM.00.00/2018 tertanggal 2 Februari 2018,” kata Ketua Bawaslu Republik Indonesia Abhan Misbah seperti yang dilansir dari laman AntaraNews.

Surat edaran Menpan-RB itu Tentang Ketentuan Bagi ASN Yang Suami Atau Istrinya Menjadi Calon Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah, Calon Anggota Legislatif, dan Calon Presiden/Wakil Presiden.

Bahkan pada surat edaran tersebut, ASN juga diizinkan berfoto bersama dengan suami atau istrinya yang menjadi calon kepala daerah, tapi tidak mengikuti simbol tangan atau gerakan yang dipergunakan sebagai bentuk keberpihakan atau dukungan.

“Kendati demikian, dalam rangka menjaga netralitas ASN dan mencegah penggunaan fasilitas jabatan atau negara, maka ASN yang mendampingi suami atau istrinya berkampanye dalam pilkada diwajibkan mengambil cuti di luar tanggungan negara,” ujarnya.

Selain itu, batasan lainnya adalah tidak menggunakan atribut ASN maupun calon kepala daerah selama mengikuti kampanye pilkada. (ant/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here