30 Petugas Puskesmas dan Labkesda Ikuti Workshop Pengelolaan IPAL

Foto : Lani /metrotangsel.com

METROTANGSEL.COM, Serpong – Sebanyak 30 petugas Puskesmas dan Labkesda Tangsel diberikan pembekalan tentang aturan pengelolaan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) medis.

Kegiatan pembekalan tersebut dilaksanakan di dua tempat berbeda. Yakni di puskesmas Rawa Buntu,Serpong dan puskesmas Jombang, Ciputat, Jumat (23/2/2018).

Kepala Seksi Promosi Kesehatan Lingkungan Kesehatan Kerja dan Olahraga pada Dinas Kesehatan Kota Tangsel Yayah Syamsiah mengatakan, IPAL harus dikelola dengan baik.

“Agar tidak mencemari lingkungan, IPAL harus dikelola dengan baik dan harus dicek secara berkala. Sebab, kami mempunyai tanggung jawab yang besar agar seluruh sarana, prasarana dan alat kesehatan memenuhi standar pelayanan, keamanan, keselamatan dan kesehatan, sesuai dengan standar Nasional,” bebernya.

Yayah Syamsiah melanjutkan, limbah medis dari rumah sakit, rumah bersalin, puskesmas dan sejenisnya sangatlah berbahaya bagi lingkungan sekitar jika tidak ditangani dengan benar.

“Limbah yang dihasilkan adalah bakteri, virus, limbah cair dan limbah padat. Maka IPAL merupakan salah satu fasilitas utama yang harus tersedia dan pengolahan yang harus baik pula,” jelasnya.

Untuk itu, di setiap puskesmas harus ada petugas kesehatan lingkungan yang mengetahui tata cara pegelolaan IPAL.

“Hasil dari workshop ini, para peserta diharapkan dapat melakukan pengelolaan IPAL yang baik di puskesmasnya masing-masing,” pungkasnya. (lni/asn)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here