Ratusan Anak Usia Dini Antusias Ikuti Porseni

Salah satu peserta PAUD tengah mempertunjukkan seni tari dalam Porseni yang diadakan Himpaudi Kecamatan Pondok Aren.

METROTANGSEL.COM, Pondok Aren – Ratusan anak dari 50 lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), antusias mengikuti Pekan Olahraga dan Seni (Porseni). Minggu (4/3/2018).

Acara tersebut diadakan Himpunan Pendidik Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Pondok Aren di lapangan Futsal Sekolah Islam Terpadu (SIT) Cordova, Jalan Japos Raya, Jurang mangu Barat, Pondok Aren,

Ketua Himpaudi Kecamatan Pondok Aren, Mungil Sutinah mengatakan, Porseni yang diadakan setiap tahunnya ini, merupakan salah satu program pemerintah menggali potensi anak usia dini, terutama anak berusia antara 3 hingga 6 tahun.

“Even ini selain untuk mengedukasi anak-anak, juga untuk mengasah mental anak agar mereka berani tampil diatas panggung,” ungkapnya.

Mungil jelaskan, berbagai perlombaan yang diikuti anak-anak PAUD tersebut, merupakan aktifitas yang lazim dilakukan.

Diantaranya lomba mewarnai, senam, menari, fashion show, lari estafet, memasukan bola ke keranjang dan terakhir peserta diajak mendengarkan dongeng.

“Dari aktifitas yang sehari-hari dilakukan oleh anak-anak PAUD ini, kami bisa menilai bahwa anak-anak dapat mengaplikasikan potensinya diatas panggung ini,” tuturnya.

Menurutnya, pendidikan anak usia tiga hingga enam tahun sangat penting dilakukan. Karena, diusia tersebut merupakan usia emas.

Mereka menerima dasar-dasar pengembangan kemampuan fisik, bahasa, sosial emosional, konsep diri, seni, moral dan nilai-nilai agama.

Sehingga akan bermuara pada pertumbuhan dan perkembangan anak yang sehat, cerdas dan mandiri sebelum melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi.

“Jadi stimulasi dini terhadap anak sangat diperlukan. Hal ini untuk memberikan rangsangan terhadap aspek perkembangan anak,” bebernya.

Kepala Bidang PAUD pada Kota Tangsel, Sopandi sangat mengapresiasi kegiatan Porseni yang diadakan Himpaudi Kecamatan Pondok Aren. Karena, dengan adanya kegiatan tersebut, anak akan merasa termotivasi untuk lebih berani mengembangkan potensi yang dimiliki anak.

“Kami di dinas pendidikan, sangat mendukung kegiatan ini. Karena ini akan merangsang pertumbuhan dan perkembangan potensi anak,” ujarnya. (hdr/asn)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here