Din Syamsudin : Tangsel Dipilih Menjadi Contoh Kota Dialog Antar Agama

foto : Lani/metrotangsel.com

METROTANGSEL.COM, Ciputat – Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dipilih oleh pemerintah pusat menjadi contoh Kota dialog antar agama.

Dipilihnya Tangsel menjadi contoh kota dialog antar agama itu didasari dari berbagai pertimbangan dan alasan yang kuat.

Utusan Khusus Presiden Untuk Dialog Antar Agama dan Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsudin menjelaskan, bahwa Tangsel merupakan salah satu kota penyanggah ibukota.

“Tangsel ini daerah penyanggah. Baik kebaikan dan keburukannya dapat memengaruhi kesejahteraan ibu kota Jakarta. Makanya penting untuk menyentuh Tangsel lebih awal. Apalagi, nantinya akan menyusul 10 daerah lain,” katanya.

Din berharap, Tangsel bisa menjadi contoh kota-kota lain untuk menyelenggarakan dialog antar agama.

“Saya berharap supaya daerah lain bisa menyontoh kesiapan Tangsel, dalam membuka dialog antar agama yang akan rata diberikan ke pada daerah lain,” pungkasnya.

Dalam dialog tersebut, beragam pertanyaan disampaikan oleh para peserta diantaranya mengenai pendidikan agama Kristiani di dalam pendidikan sekolah Negeri. Bahkan ada yang bertanya mengenai Ahmadiyah.

Menyikapi pertanyaan mengenai pendidikan agama Kristiani, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengungkapkan, persoalan pendidikan agama di sekolah negeri sudah dilakukan kordinasi dengan Kementerian Agama (Kemenag).

“Kita sudah melakukan kordinasi dengan Kemenag untuk sekolah negeri di Tangsel, agar anak-anak didik diajarkan sesuai dengan agama yang mereka anut, bahkan pihak kementerian agamalah yang menunjuk bukan kita, penunjukan ini dilakukan kementerian agama karena melihat kondisi Sumber Daya Manusia (SDM) yang terbatas,” ungkapnya.

Perlu diketahui dialog keagamaan dihadiri oleh, Mayjen TNI (purn) Wisnu B Tenaya sebagai Ketua Umum Parisada Hindu Darma, KH AM Romli Ketua MUI Provinsi Banten. Pendeta Hendriette Ketua Umum Persatuan Gereja-gereja Indonesia dan lainnya. (lni/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here