Soal ASN yang Masuk Partai, Panwas Akan Panggil Pimpinan Parpol

METROTANGSEL.COM, Serpong – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), memastikan bakal memanggil pimpinan partai politik (Parpol) di tingkat cabang atau  kecamatan.

Pemanggilan tersebut, merupakan buntut sejumlah pelaksana tugas (plt) Lurah di wilayah Kota Tangsel yang diduga berafiliasi atau bergabung Parpol.

Komisioner Panwaslu Kota Tangsel Muhamad Acep mengatakan, pemanggilan terhadap pimpinan PAC di tingkat kecamatan ini, untuk mengetahui sejauh mana dugaan keterlibatan sejumlah plt Lurah yang sedang ramai dibicarakan.

“Kalau dia (plt Lurah) masuk kedalam kepengurusan partai atau anggota, atau dewan pertimbangan ditingkat kecamatan, maka yang dipanggil adalah ketua PAC. Tapi kalau dia posisinya sebagai ketua PAC, maka yang dipanggil ketua DPC nya,” kata Acep di Ciputat, Selasa (6/3/2018).

Diakui Acep, proses klarifikasi terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diduga berafiliasi kedalam Parpol Pemilu 2019 itu, saat ini masih terus berjalan dan fokus menangani pejabat ditingkat lurah dan sekretaris kelurahan (Sekel) saja.

“Ditingkat kota kita hanya menangani lurah sama sekel. Kemudian kepengurusan partai ditingkat bawah, seperti pengurus dan sebagainya, ada pada panwas kecamatan,” ungkapnya.

Acep sebutkan, saat ini ada 49 ASN dan Tenaga Kerja Sukarela (TKS) atau honorer yang diduga berafiliasi kedalam partai.

Jumlah tersebut, tersebar di masing-masing kecamatan yang ada di Kota Tangsel. Ia juga memprediksi jumlah tersebut akan bertambah lantaran belum semua wilayah dilakukan penyisiran oleh Panwas.

“Kalau bertambah, itu sudah pasti. Karena belum dilakukan penyisiran wilayah. Kalau berkurang tidak mungkin,” ujarnya. (hdr/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here