Airin Keluhkan Toilet Sekolah Yang Tak Terawat

foto :Lani/metrotangsel.com

METROTANGSEL.COM, Serpong Utara – Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany dalam forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tangsel, mengeluhkan toilet sekolah yang tak terawat.

“Sekolah itu rumah kedua bagi anak-anak, buat senyaman mungkin. Tapi, kalau WC sekolah jorok dan bau pesing, gimana anak mau betah di sekolah,” keluhnya di hadapan peserta OPD di Sport Center Alam Sutera, Serpong Utara, Kamis (15/3/2018).

Kepala sekolah, tegas Airin, harus memiliki tugas tambahan untuk mengecek lingkungan sekolah. Dan, juga selalu mengajak anak-anak untuk kerja bakti membersihkan sekolah.

“Kepala sekolah seharusnya datang lebih awal, cek lingkungan sekolah seperti apa. Kebersihan itu salah satu kegiatan pendidikan juga. Buat kerja bakti ajak anak anak untuk menjaga lingkungan sekolah,” tegasnya.

Airin juga berpesan kepada seluruh kepala sekolah, agar mempunyai kreatifitas di sekolahnya.

“Bikinlah kreatifitas seperti mading atau yang lainnya, agar bisa menutupi coretan anak-anak di dinding. Usahakan anak-anak biar nyaman. Saya tunggu, inovasi kreatifitas di setiap sekolah,” jelasnya.

Disinggung mengenai kebersihan lingkungan sekolah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Tangsel, Taryono mengatakan sudah membuat program demi menjaga lingkungan bersih sekolah.

“Ada program Gerasakan Sekolah Bersih Menyenangkan (GSBM), dengan tujuan menciptakan sekolah sebagai rumah kedua yang aman, nyaman, asri dan menyenangkan. Selain itu, membangun karakter budaya positif, pendidikan dibangun berdasarkan budaya. Contoh, tidak membuang sampah sembarangan,” katanya.

Taryono pun, berusaha merubah pola pikir untuk menjaga lingkungan sekolah. Seluruh perangkat sekolah harus bertanggung jawab bersama.

“Seperti di Jepang, sekolah itu bersih tidak ada OB. Mereka bertanggung jawab bersama menjaga lingkungan sekolahnya. Jadi, saya ingin kepala sekolah, guru, siswa dan bahkan masyarakat harus menjaga kebersihan yang ada di sekolah maupun di lingkungan sekitar,” paparnya. (lni/asn)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here