Pertamina Gelar Peningkatan Kompetensi Wartawan di 3 Kota

foto : suarakarya.com/metrotangsel.com
METROTANGSEL.COM, Jakarta – PT Pertamina (Persero) bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat menyelenggarakan sebuah pelatihan Fotografi dan Jurnalisme Online.
Rangkaian pelatihan ini merupakan kelanjutan dari sinergi antara Kementerian BUMN dengan PWI Pusat yang diwakili  oleh Menteri BUMN, Ibu Rini Soemarno dan Ketua PWI Pusat, Bapak Margiono dalam rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2018 pada 8 Februari 2018 di Padang, sebagai upaya dari peran sinergi  BUMN meningkatkan kompetensi wartawan Indonesia.
Pelatihan Fotografi dan Jurnalisme Online kepada 100 Wartawan diselenggarakan di 3 kota di Indonesia diantaranya di Magelang, Bali (Klungkung) dan Riau.
Venue pelatihan di ke-tiga kota tersebut adalah di Balkondes Pertamina Wringin Putih dan dua RKB (Rumah Kreatif Binaan) Pertamina.
Latar belakang pemilihan Balkondes dan RKB sebagai venue pelatihan sebagai simbol penularan inspirasi dan  semangat berkreasi yang telah dihasilkan para mitra binaan CSR PT Pertamina (Persero) kepada para wartawan.
Pelatihan pertama diadakan pada hari Sabtu 24 Maret 2018 berlokasi di Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Wringin Putih, Dusun Bojong Borobudur Magelang, Jawa Tengah.
Acara dibuka dengan sambutan dari Hendry CH Bangun selaku Sekretaris Jenderal PWI Pusat, dilanjutkan dengan sambutan dari Wianda Pusponegoro Staff khusus III bidang komunikasi kementerian BUMN RI.
Hadir pula dalam acara tersebut VP CSR & SMEPP PT Pertamina (Persero), Bapak Agus Mashud S,Asngari, Ketua PWI Jawa Tengah, Bapak Amir Mahmud, Ketua PWI Kabupaten Mangelang, Bapak Johannes Subagio, Ketua PWI kota Magelang, Bapak Adi Daya Perdana.
Setelah itu Fotografer senior harian Kompas Arbain Rambey sebagai pembicara pertama memberikan serangkaian materi tentang teknik foto jurnalistik, mulai dari teori dan praktik tentang foto jurnalistik yang baik.
Pepih Nugraha, pendiri kompasiana dan founder dari PepNews.com memberikan serangkaian materi teori dan praktek berkaitan dengan Jurnalisme Online bagi wartawan.
Para peserta pelatihan terlihat begitu antusias mengikuti pelatihan ini. Rencana pelatihan kedua akan diadakan pada hari sabtu 28 April 2018 di Rumah Kreatif BUMN (RKB)  Pertamina di Banjar Sangging, Desa Kemasan Kabupaten Klungkung Bali.
Pelatihan ketiga adakan diadakan pada hari sabtu tanggal 12 mei 2018 di Riau berlokasi di Rumah Kreatif BUMN (RKB) Pekanbaru Jl.HR Soebrantas.
Melalui pelatihan Fotografi dan Jurnalisme Online ini diharapkan akan menambah kompetensi wartawan di Indonesia semakin meningkat.
“Kami melihat wartawan merupakan mitra strategis PT Pertamina (Persero). Pelatihan ini dimaksudkan sebagai wadah pengembangan kreatifitas para wartawan sehingga para wartawan dapat menghasilkan karya-karya jurnalistik yang bertanggung jawab namun sesuai tuntutan masa kini.” Terang VP CSR & SMEPP PT Pertamina (Persero), Agus Mashud. (*rls/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here