Ujian Tristar Institute BSD, Sajikan Makanan Nusantara Internasional

METROTANGSEL. COM, Serpong – Tristar Institute Culinary BSD  melaksanakan uji praktek kepada masiswanya, para calon Chef profesional, dengan menyajikan masakan khas Nusantara kepada masyarakat umum.

Humas Tristar Institute and Pastry School, Taufik Syah, menjelaskan bahwa praktek ini diadakan untuk mahasiswa yang sudah memasuki triwulan ketiga.

“Ini adalah Tristar BSD berbeda dengan yang lainnya, dengan melakukan bentuk hasil ujian praktek anak-anak yang sudah di triwulan ketiga. Kalau di triwulan pertama dan kedua hanya membuat produk, kalau ketiga ini kami mencoba konsep industri membuat produk appetizer, soup, main course dan dessert,”tuturnya.

Tujuan diadakan seperti ini, menurutnya, untuk melatih mahasiswa menerima tantangan. Karena, nantinya setelah terjun langsung ke dunia nyata mempunyai tekanan yang berlebih dalam membuat hidangan yang bisa dinikmati konsumen.

“Apalagi ini yang mencicipi, masyarakat umum yang bisa merasakan masakan mereka. Tentunya, ada presure atau tekanan ke mereka bagaimana membuat suatu masakan. Dan, setelah mencicipi masakan yang dibuat oleh mahasiswa, konsumen juga ada memberikan penilaian melalui quesioner,” paparnya.

Nantinya, hasil quesioner ini lah yang akan menjadi nilai bagi mahasiswa. Sebanyak 20 menu disiapkan oleh mahasiswa yang di bagi menjadi dua kelompok yakni kelompok pagi dan siang.

“Ada 20 menu yang disediakan oleh anak-anak, dari mulai appetizer, main course, soup dan dessert,” ucapnya.

Salah satu mahasiswa Tristar Institute Culinary, Fauzan Ananta Prabowo mengatakan, sebelum membuat hidangan sudah mencoba membuat masakan terlebih dahulu.

“Jadi, kita dibebaskan untuk berbelanja kebutuhan. Dan, kita membuat tester terlebih dahulu. Jadi, persiapannya sudah sangat matang,” tuturnya.

Sebelum pelaksanaan ujian berlangsung, Fauzan dan teman-temannya sudah menyiapkan bahan-bahan untuk pelaksaan ujian.

“Sebelum ujian berlangsung, saya dan teman-teman menyiapkan terlebih dahulu. Jadi, pas hari ujian tinggal eksekusi. Dan, saya optimis mendapat nilai yang maksimal,” pukasnya.

Dari ke-20 menu yang disediakan oleh mahasiswa Tristar ini, konsumen di menu pembuka diberikan Caesar Salad yang berisikan ayam gril, potongan roti yang dipanggang menggunakan butter dan juga sayuran segar.

Selanjutnya, konsumen bisa melanjutkan hidangan appetizer seperti Stir Fry Baby String Bean, Chicken Crispy Sweet and Souce, Stir Bean Sprout and Salt Fish.

Setelah itu, bisa menikmati hidangan dessert seperti Mini Fruit Tarlet, Lemon and Cranberry Cake dan masih banyak jenis dessert yang disediakan.

Tristar Institute Culinary and Pastry School ini terletak di kawasan BSD tepatnya di Ruko Sektor 7 Blok RL, Nomor 31-33, Jalan Pahlawan Seribu BSD Serpong. (lni/asn)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here