Gerakan Masyarakat PIS-PK Wujudkan Keluarga Hidup Sehat

ilustrasi

METROTANGSEL.COM, Pondok Aren – Demi mewujudkan keluarga sehat, Program Indonesia Sehat-Pendekatan Keluarga (PIS-PK) terus disosialisasikan kepada masyarakat.

Kali ini, Politeknik Kesehatan Jakarta 1, Kementerian Kesehatan Indonesia dan Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bekerjasama dalam mewujudkan program keluarga sehat.

Salah satu kegiatannya adalah sosialisasi dengan tema “Sosialisasi & Harmonisasi Gerakan Masyarakat (Germas) PIS-PK yang digelar di Kecamatan Pondok Aren, Kamis (29/3/2018).

Kementerian Kesehatan yang diwakili oleh Kepala Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan, Sugiyanto mengatakan, bahwa pemerintah sudah konsen untuk mewujudkan keluarga hidup sehat.

“Melalui Germas PIS-PK, pemerintah sudah sangat konsen untuk keluarga hidup sehat. Ada tiga pola cara untuk hidup sehat pertama aktifitas fisik, kedua cek kesehatan, dan ketiga gemar makan buah dan sayur,” ujarnya di hadapan masyarakat Tangsel.

Selanjutnya, melalui pendekatan keluarga ini, nantinya tiap-tiap keluarga akan dicek kesehatannya. Apakah sudah memenuhi kriteria keluarga hidup sehat atau belum.

“Ada 12 kriteria indikator keluarga hidup sehat atau tidak, semisal sering periksa kesehatan atau tidak, dalam keluarga ada yang merokok atau tidak. Ini tiap Kecamatan akan mengecek tiap keluarga. Saya harap, kedepan banyak keluarga yang sehat,” paparnya.

Direktur Politeknik Kesehatan Jakarta 1, Ani Nuraini menjelaskan, bahwa sosialisasi Germas PIS-PK merupakan inti dari pembangunan kesehatan.

“Ini merupakan pengabdian masyarakat bagi kami. Keluarga merupakan inti pembangunan kesehatan. Program Indonesia sehat melalui PIS-PK, menekankan bahwa pentingnya dalam membangun kesehatan dalam keluarga,” ungkapnya.

Dengan, keluarga yang sehat akan menjadikan bangsa Indonesia yang cerdas dan sehat. Dan, juga akan mencetak generasi bangsa yang cerdas.

“Indonesia sehat berasal dari keluarga yang sehat. Melalui pembagunan lintas sektor, akan menghasilkan bangsa Indonesia yang sehat, hebat dan cerdas. Kami disini semua, menngajak untuk mensukseskan program pemerintah dalam membangun kesehatan,” tuturnya.

Sementara itu, Camat Pondok Aren, Makum Sagita yang mewakili Pemkot Tangsel, akan sangat mendukung Germas PIS-PK.

Sosialisasi ini dihadiri pula oleh tokoh masyarakat Tangsel, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, serta masyarakat yang akan diberikan materi pemahamam tentang keluarga hidup sehat.

Dan, para jajaran yang hadir melakukan penandatangan bersama sebagai tanda komitmen untuk mensukseskan Germas PIS-PK. (lni/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here