IKEA Art Event 2018,  Gandeng Seniman Kaca Tiup Kuno Swedia

Foto ; Radar Semarang

METROTANGSEL.COM, Serpong – Sebagai bentuk dukungan terhadap karya seni anak muda, salah satu ritel perabot rumah tangga terbesar di Indonesia IKEA Indonesia mengadakan acara IKEA Art Event 2018 di gerai IKEA Alam Sutera, Tangerang.

IKEA Art Event tahun ini merupakan gabungan dari tradisi seni kaca tiup kuno Swedia dengan seniman muda dan modern seperti desainer mainan, street art dan manga.

Di tahun 2018 ini,  IKEA mempersembahkan koleksi terbatas 8 figurines hasil karya delapan seniman dari berbagai negara, termasuk Indonesia, dalam gaya seni yang berbeda-beda.

Eliza Fazia, Marketing Manager IKEA Indonesia mengatakan, melalui karya seni yang diciptakan seniman dunia dapat membuat rumah mempunyai seni yang indah.

“Melalui IKEA Art Event 2018, IKEA ingin mendemokratisasi seni dimana karya seni unggulan dapat dinikmati oleh banyak orang di rumah mereka. IKEA berkolaborasi dengan seniman yang sudah diakui di dunia,” ujarnya.

Seniman tersebut yakni Arkiv Vilmansa desainer mainan yang berasal dari Indonesia, Joe Ledbetter seniman dan desainer mainan dari Amerika, Michael Lau illustrator dan desainer mainan dari Hong Kong, Nathan Jurevicius seniman dari Kanada, Junko Mizuno seniman manga dari Jepang, duo Coarse pemahat dari Jerman, James Jarvis ilustrator dari Inggris, dan Ludvig Löfgren seniman gelas dari Swedia.

Dalam memilih kedelapan artis untuk berkolaborasi, IKEA memperhatikan gabungan antara perwakilan dari berbagai belahan dunia dan kreativitas masing-masing, sehingga dapat menghasilkan sebuah hasil karya kontemporer yang unik.

IKEA bukan tanpa alasan memilih, Arkiv Vilmansa, Seniman dan desainer mainan asal Indonesia. Menurut Eliza, IKEA sangat mendukung kemajuan seniman Indonesia.

“Menjadi seniman yang terpilih di IKEA Art Event 2018 memberikan peluang kepada seniman Indonesia untuk menghasilkan karya yang bisa dinikmati di seluruh dunia, sekaligus menyatakan bahwa hasil karya seniman Indonesia diakui di dunia,” jelasnya.

Sementara itu, Arkiv Vilmansa sendiri menyatakan kebanggaannya berkolaborasi dengan IKEA. Menurutnya, hasil karya seninya dapat dinikmati masyarakat dunia.

“Kolaborasi dengan IKEA ini memiliki makna personal bagi diri saya. Penataan rumah saya dipenuhi oleh produk-produk IKEA hingga saya selalu berkeinginan untuk dapat berkolaborasi dengan IKEA. Saya sangat senang keinginan tersebut dapat terwujud sehingga karya saya kini dapat dinikmati oleh masyarakat di seluruh dunia namun tetap memiliki kedekatan personal karena dapat dinikmati di rumah mereka,” ungkapnya.

Pada acara  ini, IkeaIndonesia juga meluncurkan area khusus untuk penjualan koleksi terbatas yang di Limited Collection Shop. Area yang berlokasi di lower entrance toko Ikea ini menghadirkan kedelapan hasil karya para artis dunia beserta cerita di balik karyanya. Produk kolaborasi ini dipasarkan seharga Rp799 ribu. (lni/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here