Stadium General UIN : Membangun Konsep Perlindungan Sosial Buruh yang Berdaya

METROTANGSEL.COM, Ciputat – Sebagai langkah setrategis untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan tentang pemberdayaan kepada mahasiswa Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) dan mahasiswa Fakultas Dakwah pada umumnya, prodi PMI UIN Jakarta mengadakan Stadium General dengan judul “Sistem Perlindungan Sosial Pekerja/Buruh Berbasis Pemberdayaan”.

Kegiatan yang dilaksanakan, Selasa (10/04) di Teater Aqib Suminto Lantai 2 Gedung Fakultas Dakwah ini bertujuan untuk membuka perspektif mahasiswa Fakultas Dakwah tentang pentingnya peran pemberdayaan dalam ruang lingkup pekerja/buruh dalam suatu perusahaan.

Seperti diungkapkan Ibu Wati Nilamsari selaku KAPRODI PMI sekaligus inisiator kegiatan ini jika mengutip teori Jim Ife bahwa dalam tatanan masyarakat, terdapat kelompok orang yang kurang beruntung, dalam hal ini kaum buruh/pekerja termasuk salah satunya.

Dalam Stadium General kali ini, tiga pemateri yang berkompeten dan mempunyai jam terbang di masing – masing bidangnya dihadirkan untuk memberikan pemaparan materi,.

Diantaranya, Taufik Machdum selaku ketua Lembaga Pemberdaya Pekerja Perempuan (LP3) PUK PT. Pratama Abadi Industri,  Tohirudin sebagai perwakilan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Kota Tangsel dan Muhammad Hafiz selaku Praktisi Hukum Ketenagakerjaan.

Masing – masing pemateri menyampaikan dengan jelas tentang bidangnya masing – masing. Dari ketiga bidang tersebut semuanya saling berkaitan, dan mengrucut pada satu kesimpulan yaitu bagaimana pentingnya kesejahteraan kaum buruh perusahaan, baik dari segi kebijakan pemerintah, kebijakan perusahaan dan peran sentral dari asosiasi buruh/pekerja dalam pemberdayaan pekerja itu sendiri.

Acara stadium general yang dimulai pada pukul 09.00 pagi ini diikuti secara antusias oleh 150 lebih mahasiswa Fakultas Dakwah, hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan dari peserta pada akhir sesi terkait dengan pembahasan yang disampaikan oleh para pemateri.

Harapan adanya kegiatan ini antara lain terbentuknya kesadaran mahasiswa PMI dan Fakultas Dakwah pada umumnya akan pentingnya peran Akademisi dalam pemberdayaan buruh. Selain itu juga sebagai wadah untuk membuka jaringan dengan lembaga – lembaga yang bergerak dalam bidang yang berkaitang dengan pemberdayaan masyarakat _dalam hal ini kaum buruh. (sld/asn)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here