Disdukcapil Sosialisikan Aturan Catatan Administrasi Perkawinan Ke Penggiat Keagamaan

METROTANGSEL.COM, Balai Kota – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar sosialisasi tentang tata cara pengetahuan sistem administrasi kependudukan ke pada para penggiat keagamaan..

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 100 orang peserta. Terdiri dari pemuka agama, sekretariat rumah ibadah pada lima agama yakni protestan, katolik, hindu, budha dan konghucu.

Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil, Sri Mulyani menerangkan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan  pengetahuan di bidang pembuatan dokumen rekomendasi akta perkawinan dan perceraian.

“Diketahui dulu prosedur pengajuannya, sehingga prosesnya bisa lebih mudah, cepat, dan akurat terhadap dokumen yang diterbitkan oleh Disdukcapil” terangnya di Aula Balaikota, Serua, Kecamatan Ciputat, Kamis, 12 April 2018.

Sementara itu di lokasi yang sama, Kepala Disdukcapil Kota Tangsel, Dedi Budiawan memaparkan, bahwa pemerintah tidak memungut biaya untuk mengurus keperluan pencatatan alias gratis.

“Menurut undang-undang RI Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan bahwa perkawinan ialah ikatan lahir bathin antara seorang pria dengan seorang wanita sebagai suami isteri dengan tujuan membentuk keluarga (rumah tangga) yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa,” papar Dedi.

Ia melanjutkan, perkawinan adalah sah apabila dilakukan menurut hukum agama dan kepercayaannya masing-masing. Setiap perkawinan pun harua dicatat menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Perkawinan yang sah berdasarkan ketentuan peraturan per undang undangan wajib dilaporkan oleh penduduk kepada instansi pelaksana di tempat penduduk berdomisili paling lambat 60 hari sejak tanggal perkawinan. (rls/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here