BUMD Diharapkan Mampu Tingkatkan Iklim Investasi di Tangsel

Foto : Humas Tangsel/metrotangsel.com
METROTANGSEL.COM, Serut – Iklim investasi di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) diharapkan semakin tumbuh dan berkembang.
Sehingga target yang ditetapkan untuk menggerakan roda perekonomian secara mikro dan makro bisa tercapai.
Hal tersebut terungkap saat jajaran direksi PT. Pembangunan Investasi Tangerang Selatan (PITS) bersama organisasi perangkat daerah (OPD) mengikuti bimbingan teknis pengembangan investasi dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Soll Marina Hotel, Kecamatan Serpong Utara, Senin(16/4/2018).
“Ini demi mengoptimalisasi dan realisasi PAD (Pendapatan Asli Daerah),” kata Kabag Perekonomian Sekretariat Daerah Kota Tangerang Selatan, Wijaya Kusuma.
Wijaya pun berharap bahwa, posisi PT PITS selaku induk perusahaan plat merah (holding company) BUMD diupayakan untuk tetap mandiri.
Mendapatkan laba yang dapat menambah devisa bagi pemasukan keuangan negara pada umumnya dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada khususnya.
“Banyak kapasitas di bidang investasi yang dapat ditingkatkan oleh BUMD, bisa dalam pengelolaan pasar, peningkatan pariwisata dan lainnya,” ungkapnya.
Sementara iru, akademisi UIN Ciputat, Djaka Badranaya, yang menjadi nara sumber dalam kegiatan bimtek tersebut menyampaikan pandangannya, agar PT PITS dituntut lebih profesional dan efisien dalam melaksanakan usahanya.
“Dalam struktur pendapatan daerah terdapat komponen PAD yang berasal dari hasil pengelolaan atas kekayaan daerah. Namun pada kenyataanya asset yang dihasilkan masih minim, sehingga peningkatan investasi perlu dilakukan oleh BUMD,” jelasnya.
Seperti halnya, lanjut Djaka, dengan mendirikan anak perusahaan, membentuk devisi lainnya yang bisa mendapatkan hasil yang maksimal.(rls/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here