Paripurna LKPj APBD 2017 : Pansus DPRD Tangsel Sampaikan Banyak Catatan

METROTANGSEL.COM, Serpong- Sederet catatan maupun rekomendasi hasil pembahasan Pansus LKPj disampaikan dalam rapat paripurna yang berlangsung di DPRD Tangsel, lantai lll gedung Ifa, Serpong, Kamis (19/4/2018).

Hal tersebut disampaikan ketua Pansus Iwan Rahayu dalam rapat paripurna yang dihadiri Wali Kota Tangsel beserta jajarannya.

Menurut Iwan, ada beberapa catatan yang harus dievaluasi oleh pemerintah daerah ini, guna memperbaiki sistem pelayanan yang harus diberikan kepada masyarakat Kota Tangsel secara umum.

Ia pun menguraikan beberapa catatan dan evaluasi diantaranya bidang pendidikan dalam kontek penerimaan siswa baru yang dianggap masih banyak persoalan.

“Kami merekomendasikan untuk persoalan ini, perlu adanya pengawasan dan yang sangat tegas terhadap sekolah yang mengenakan biaya masuk sekolah terhadap murid,” ungkapnya.

Lalu dibidang penanganan banjir, Pansus menilai masih belum ditangani secara sistematis, komperhensif dan berkesinambungan.

Sorotan lain tentang laporan keuangan, juga disampaikan Iwan, bahwa Dana Bagi Hasil Pajak yang masih belum mencapai target. 

Sehingga perlu adanya inovasi dari Pemkot Tangsel dalam meningkatkan dana bagi hasil daerah pajak, supaya tidak menunggu hasil dari pusat.

Begitupun pada aset, Iwan menilai setiap tahunnya selalu ada masalah terkait dengan fisik dan dokumen aset yang dimiliki Kota Tangsel.

“Perlu dilakukan identifikasi dan penanganan lebih serius terhadap aset existing berdasarkan perolehan yang meliputi seluruh aset yang ada,” beber dia.

Sementara dalam bidang pekerjaan umum dan penataan ruang, Iwan jelaskan, Pansus sangat menyayangkan bahwa sampai saat ini pengerjaan Gedung DPRD Kota Tangsel belum juga selesai.

Ia pun menyarankan agar pihak pemkot harus lebih teliti dan selektif menentukan pihak ketiga yang  tentunya melalui mekanisme yang ada.

Namun demikian, dalam LKPj itu, pansus juga menyampaikan apresiasinya kepada pemerintah,  dalam pencapaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang terus mengalami peningkatan. Serta banyaknya prestasi yang telah dicapai Pemkot Tangsel selama 2017.

Walikota Airin Rachmi Diany mengatakan, semua catatan yang diberikan oleh Pansus DPRD Kota Tangsel, tentunya akan menjadi bahan evaluasi bagi pemkot kedepannya.

“Tadi kita mendapatkan apresiasi dan juga catatan, tentunya catatan ini menjadi bahan evaluasi kita bersama, karena tidak hanya catatan juga ada rekomendasi atau usulan yang diberikan oleh DPRD Kota Tangsel,” pungkasnya. (hdr/asn).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here