500 Pelajar SD-SMP Ikuti Indonesian Youth Robot Competition di ICE BSD

foto : Lani/metrotangsel.com

METROTANGSEL.COM, BSD – International Youth Robot Association (IYRA) Regional Indonesia bekerjasama dengan Sinar Mas Land dan Kementerian Pendidikan Republik Indonesia menggelar Indonesian Youth Robot Competition (IYRC) dengan tema “Robot Helping People” di ICE BSD, Minggu (22/4/2018).

Kompetisi robotic yang diikuti oleh sekitar 500 pelajar SD hingga SMP se-Indonesia. Dan, para generasi muda ini sudah mempersiapkan robot-robot mereka dengan sangat baik.

Head of Corporate Communication Sinar Mas Land, Panji Himawan mengatakan, dengan adanya IYRC 2018 ini diharapkan mampu memberikan kesempatan bagi anak-anak Indonesia untuk bersaing ditingkat dunia dengan mampu menciptakan robot-robot yang tak kalah dengan negara-negra lain.

“Kita menjadi saksi lahirnya potensi dan bibit muda untuk mengibarkan bendera merah putih di World Robot Competition (WRC) 2018 yang berlangsung di Beijing, China pada 29-31 Agustus 2018 nanti,” ujarnya.

Selain itu, kompetisi ini juga berguna untuk melatih kerjasama tim anak dan juga melatih kepercayaan diri pada anak-anak.

Juga sebagai penajaman terhadap logic think anak dengan tantangan kedepan anak-anak dituntut untuk memiliki kreatifitas dan kemampuan teknologi, serta menjadi problem solver dan tentunya menjadi sarana untuk melatih entrepreneurship skill berbasis tehnologi atau sering kita kenal dengan Technopreneur.

Sementara itu, Ketua IYRC Firdiansyah menambahkan, bahwa Indonesia selalu menjadi juara umum pada kompetisi robot tingkat Internasional.

“Ini merupakan ajang yang keempat kalinya dan event ini sekaligus seleksi Nasional, untuk bisa melangkah ke World IYRC. Karena, sejarah Indonesia luara biasa, tiap tahun menjadi juara umum, terkakhir di Korea menadapat juara,” paparnya.

Firdi juga dengan tegas mengatakan, bahwa sudah seharusnya anak Indonesia bisa unjuk gigi dan berprestasi di Internasional.

“Kita akan buktikan kalau Indonesia mempunyai garuda muda yang bisa hebat di mancanegara. Saya yakin event ini menjadi bukti bahwa Indonesia tidak bisa dipandang sebelah mata,” tegasnya.

Adapun cabang-cabang perlombaan IYRC 2018 yang dilombakan diantaranya, yaitu Robot Soccer, Kinder Mission, Brick Speed, Maze Solving, Push Push, Creative Maker, Humanoid Marathon & Boxing bahkan Internet of Things/IoT Robot (pertama di dunia). (lni/asn)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here