Jaga Pola Asuh Anak , Airin Sarankan Dinkes Kerjasama Dengan KUA

ilustrasi hello sehat.com

METROTANGSEL.COM, Serpong Utara – Tangerang Selatan (Tangsel) sempat digegerkan dengan gizi buruk yang menimpa warganya. Hal itu langsung ditampik, oleh Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany, Selasa (24/4/2018).

Kepada metrotangsel.com, Airin mengatakan, bahwa dirinya langsung turun kelapangan untuk mengecek adanya informasi gizi buruk. Namun, dirinya menemukan hal yang diluar diguaan.

“Sebenarnya bukan gizi buruk, tetapi kurang gizi. Kebanyakan pola asuh yang dilakukan oleh orangtua sangat berpengaruh terhadap kurang gizi ini. Apalagi bayi yang lahir prematur, setelah itu pola makannya tidak dijaga,” tuturnya di RS OMNI Internasional, Alam Sutera, Serpong Utara, Tangsel.

Airin pun, memberikan solusi untuk mencegah kurang gizi yang ada di Tangsel, yakni Dinas Kesehatan Tangsel agar bekerjasama dengan KUA untuk mensosialisasi pola asuh anak.

“Jadi salah satu program yakni penyuluhan pada saat menikah, tidak hanya hak kewajiban urusan agama saja. Tapi, setelah itu diberikan penyuluhan ketika sudah menjadi ibu dan ayah. Kebetulan ada KIA (Kartu Ibu Anak) diberikan pada saat hamil, ini bisa diberikan buku KIA kepadaborang yang ingin menikah,” ungkapnya.

Menurutnya, di buku KIA sangat lengkap isinya terdapat asupan gizi seperti apa, setelah melahirkan seperti apa. Tindakan, suami seperti apa, setelah istrinya melahirkan.

“Karena, itu sumber informasi yang pastinya akan dibaca oleh mereka. Tak hanya itu saja, kader kesehatan yang tersebar di Tangsel juga perlu melakukan sosialisasi mengenai pola asuh anak seperti apa,” tutur Airin.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehata, Suhara Manullang mengatakan, jika dirinya akan secepatnya berkordinasi dengan KUA mengenai pola asuh anak pada saat pra nikah.

“Pola asuh itu yang dikeluhkan, perlu diberikan penyuluhan pada saat pra nikah, mengenai pola asuh anak. Secepatnya, kami akan berkordinasi dengan KUA untuk sosialisasi pola asuh anak ini,” jelasnya. (lni/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here