HKTI Panen Bawang Dari Biji di Konservasi Rimbun

METROTANGSEL.COM, Serpong – Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Pusat melakukan kunjungan ke Kampung Konservasi Rimbun, Ciater, Serpong, Tangsel, Rabu (25/4/2018).

Dalam kunjungan tersebut HKTI diwakili oleh Mayjen (Purn) Winston Simanjuntak berkesempatan memanen bawang merah unggulan yang ditanam pihak pengelola kampung konservasi Rimbun.

Ia pun mengapresiasi atas upaya yang dilakukan pihak Rimbun untuk memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa bertani itu bisa menghasilkan sesuatu yang besar.

Jenis bawang yang dipanen itu berasal biji dan bukan dari bibit umbi. Dan hasil panennya pun sangat jauh berbeda. Jenis bawang merah yang berasal dari biji punya kualitas sangat baik. Mulai dari kualitas rasa maupun ukurannya.

“Konsep pembibitan seperti ini sangat bagus dilakukan. Karena selain efisien, bawang merah yang dihasilkan dari biji punya kualitas sangat baik”,kata Winston.

Sementara itu,  pengelola Kampung Konservasi Rimbun Gusri Effendi mengungkapkan konsep penanaman bawang merah melalui biji ini sebenarnya sudah dipraktekan di beberapa daerah.

Dan punya prospek yang sangat bagus. Bahkan negara tetangga seperti Vietnam dan Thailand, sudah lebih dulu melakukan penanaman melalui bibit biji ini.

“Penanaman bawang merah dengan biji mempunyai prospek menjajikan karena memiliki beberapa kelebihan antara lain : keperluan benih relatif sedikit ±10 kg/ha, mudah didistribusikan dan biaya transportasi relatif rendah, punya daya hasil tinggi serta sedikit mengandung wabah penyakit.”ungkapnya Gusri. (lni/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here