Ini Resep Untuk Usir Bau Kaki Membandel

METROTANGSEL.COM,  Lifestyle – Bau kaki bisa mempengaruhi kepercayaan diri seseorang.

Bau yang tercipta karena keringat bercampur dengan bakteri ini juga bisa mengganggu orang-orang yang ada di sekitar.

Lalu, adakah cara alami untuk mengatasi bau pada kaki. Perlu diketahui, bau pada kaki tak hanya disebabkan oleh keringat.

Tapi juga perawatan sepatu atau kaus kaki yang tidak baik. Solusinya, rajin membersihkan sepatu dan ganti kaus kaki tiap hari.

Namun, jika sudah terlanjur bau, seperti dilansir dari Healthy guide, Rabu (25/4), ada beberapa langkah cepat yang bisa dilakukan untuk mengusir aroma tak sedap pada kaki.

Tak cuma kaki, perawatan sepatu dan kaus kaki pun harus diperhatikan.

  1. Pastikan Sepatu dalam Kondisi Baik

Pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa sepatu. Keluarkan sol yang lembab, kemudian keringkan.

Jika tidak, Anda dapat membeli sol baru yang diformulasikan untuk mencegah pertumbuhan bakteri.

Misalnya, membeli sol kayu cedar. Bau cedar segar dan renyah, menjadikannya pilihan yang bagus untuk menghilangkan bau dan menghambat pertumbuhan bakteri.

  1. Hankering Sepatu

Untuk mengatasi aroma tak sedap, Anda perlu menjaga sepatu tetap kering karena membantu mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau.

Anda dapat menempatkan sepatu di tempat yang cerah atau di dekat pemanas.

Jika ingin mengeringkannya lebih cepat, tempatkan sepatu di dalam kantong plastik sebelum keesokan harinya, jemur di bawah sinar matahari.

 

  1. Teh Celup Hitam

Teh hitam membantu membunuh bakteri penyebab bau kaki dan mencegah pertumbuhan lebih lanjut berkat kandungan asam tannic.

Teh hitam membantu menutup pori-pori kulit, sehingga mengurangi keringat.

Caranya letakkan 2 teh celup hitam dengan air mendidih. Campurkan larutan panas dengan air biasa untuk mengurangi suhunya.

Kemudian, letakkan kaki dalam larutan selama sekitar 15 menit. Ulangi obat ini setiap hari selama seminggu.

 

  1. Epsom Salt

Menurut sebuah studi menggunakan garam Epsom dikenal sebagai cara yang efektif tentang cara menghilangkan bau kaki.

Ini dapat membantu Anda melawan infeksi mikroba dan menetralisir bau kaki.Selain itu, membasuh kaki dengan garam Epsom juga menenangkan kaki yang sakit.

Caranya tambahkan 2 sendok garam Epsom ke baskom air hangat. Basahi kaki Anda dalam air garam selama 10-15 menit. Ulangi obat rumah ini setiap hari, sebelum tidur.

  1. Baking Soda

Baking soda terkenal karena kemampuannya untuk menghilangkan bau kaki. Ini karena dapat  pmembantu menghambat pertumbuhan bakteri dan menetralkan pH keringat.

Campurkan 1 sendok baking soda dalam 1 liter air hangat. Kemudian, rendam kaki dalam larutan selama sekitar 15-20 menit.

Ulangi resep rumahan ini setiap malam selama sekitar 7 hari. Secara eksternal, taburkan soda kue di kaus kaki dan sepatu Anda sebelum memakainya. (ce1/fid/jpc/net)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here