Disducapil Lakukan Aksi ‘Jemput Bola’ Untuk E-KTP

METROTANGSEL.COM, Setu – Petugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mendatangi rumah warga untuk melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) secara langsung.

Langkah tersebut merupakan upaya proaktif Disducapil dalam memberikan pelayanan kepada  warga yang tidak mampu melaporkan secara mandiri karena kondisi kesehatan atau faktor usia.

Kepala Disdukcapil Kota Tangsel, Dedi Budiawan, menjelaskan, perekaman jemput bola kerumah warga merupakan kegiatan pelaporan penduduk yang tidak mampu melaporkan diri dalam pengurusan dokumen kependudukan.

“Petugas Disdukcapil datang kerumah warga yang tidak mampu mengurus dokumen kependudukan sendiri, karena kondisi yang dialaminya seperti sakit stroke, lansia, disabilitas, dan lainnya, petugas datang untuk melaksanakan perekaman kerumah warga berdasarkan pengajuan dari pihak keluarga,”jelasnya.

Untuk di tahun 2018 ini, lanjut Budi, Disdukcapil sudah melaksanakan kegiatan tersebut kepada Sembilan warga yang tinggalnya tersebar di tiga kecamatan, Seperti Kecamatan Setu, Serpong, dan Pamulang .

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk pada Disdukcapil Kota Tangsel, Heru Sudarmanto, menjelaskan, warga yang tidak bisa datang ke kantor Disdukcapil tidak perlu cemas. Petugas justru mendatangi rumah warga dengan membawa peralatan perekaman di rumah warga tersebut.

“Kami jemput bola untuk mempercepat proses perekaman warga yang belum melakukan perekaman. Karena sampai saat ini, masih banyak warga yang belum melakukan perekaman E-KTP,” ujarnya.

Warga yang meminta perekaman E-KTP di rumah, mayoritas warga yang sudah tua, sakit ataupun penyandang difabilitas. Kebanyakan dari mereka juga tidak memiliki keluarga yang dapat mengantarkan ke kantor Disdukcapiluntuk perekaman.(hms/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here