Pertama di Banten, Disdukcapil Tangsel Mulai Bagikan Kartu Identas Anak

METROTANGSEL.COM, Ciputat – Keceriaan tampak di wajah anak-anak Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sawah 1, Ciputat dan SDN Pondok Ranji 3, setelah mereka mendapatkan Kartu Identitas Anak (KIA) yang dibagikan secara gratis oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil). Rabu (2/5/2018).

Pembagian KIA itu merupakan kali pertama yang dilakukan pemerintah Kota Tangsel melalui Disdukcapil dalam melaksanakan kegiatan indentifikasi anak-anak di Tangsel dengan cara mendata, merekam, mencetak, sekaligus membagikan.

Kepala Disdukcapil Dedy Budiawan mengungkapkan bahwa langkah pendataan tersebut merupakan terobosan baru dalam upaya penyempurnaan data kependudukan di Tangerang Selatan.

“Ini perdana dilakukan dan nantinya semua anak yang wajib menerima KIA se-Tangsel setelah dilakukan perekaman, pencetakan,” ungkap Dedy.

Kartu itu pun, lanjut Dedy, dapat dipakai untuk keperluan anak dalam pemenuhan hak-haknya seperti pelayanan publik, pembukaan rekening bank yang isinya lebih lengkap dibandingkan data KTP karena disertai dengan nama orangtua.

“Akan banyak keuntungan yang bisa didapatkan anak jika sudah memegang KIA. Selain menjadi tanda pengenal untuk anak usia 0-16 tahun, KIA juga untuk melindungi hak-hak anak,” tambahnya.

Dia juga mengingatkan bahwa administrasi kependudukan termasuk KIA di dalamnya sangat diperlukan untuk data base semua kegiatan.

Termasuk data untuk pemberian bantuan Kartu Indonesia Pintas (KIS), Program Keluarga Harapan (PKH) yang sumber datanya diambil dari sana.

Sehingga data yang ada di Disdukcapil baik data pernikahan, kelahiran, kematian, perceraian dan juga perpindahan harus selalu up to date, agar  tidak menimbulkan kekisruhan pada bidang pelayanan yang lainnya. (rls/hms/asn)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here