Disdukcapil Prioritaskan KIA Untuk Pelajar Ke Jenjang SMP

METROTANGSEL.COM, Serpong – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan memprioritaskan pembuatan kartu Identitas Anak (KIA) kepada anak-anak pelajar yang akan melanjutkan ke jenjang SMP.

Kepala Disdukcapil Dedy Budiawan menjelaskan langkah tersebut dilakukan karna keterbatasan blangko kartu yang seluruhnya belum selesai tercetak. Dari 350 ribu kartu yang dipesan, baru tercetak 130 ribu kartu.

“Karena kartunya terbatas, saya utamakan untuk kelas 4 sampai 6 untuk PPDB dan juga kelas 1 sampai 3 SMP. Saat ini, sudah tiga sekolah SD yang sudah dikunjungi Disdukcapil untuk perekaman KIA,” jelasnya.

Dedy pun menargetkan ratusan ribu KIA akan mulai tersebar tahun ini di Tangsel secara bertahap. Dan, mengunjungi tiap sekolah yang ada di Tangsel merupakan cara efektif bagi Disdukcapil Tangsel.

Kartu Identitas Anak (KIA) didasari dari peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 2 tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak (KIA).

Berbagai manfaat untuk KIA diberikan bagi pemegang kartu tersebut. KIA dapat dipakai untuk keperluan anak dalam pemenuhan hak-haknya seperti pelayanan publik, pembukaan rekening bank yang isinya lebih lengkap dibandingkan data KTP karena disertai dengan nama orangtua.

Bagi orangtua yang ingin membuatkan KIA untuk sang anak, hanya menunjukan Kartu Keluarga (KK) maupun Akte kelahiran.

“Jika ingin datang ke kantor, kami menyediakan loket khusus di Disdukcapil Tangsel dalam pembuatan KIA,” pukasnya. (lni/asn)

Wakil Wali Kota Tangerang Selatan menyerahkan Kartu Identitas Anak (KIA) di acara Festival Ibu dan Anak. Sabtu (5/5/2018). di Intermark, Serpong.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here