10 Makanan Tradisional Jadi Materi Ujian Triwulan Mahasiswa TIC BSD

METROTANGSEL.COM, Serpong Utara – Tiap triwulan atau tiap tiga bulan, Tristar Institute Culinary (TIC) BSD mengadakan ujian kepada mahasiswanya.

Kali ini, mahasiswa khusus jurusan pastry yang menyuguhkan hidangan terbaiknya untuk disajikan kepada para tamu.

Ujian yang dilakukan selama dua hari yakni mulai dari Selasa (8-9/5/2018), para mahasiswa menyuguhkan cake tradisional dikombinasi dengan tampilan modern yang lebih menarik.

Kesepuluh makanan tradisional tersebut antara lain cendol, onde-onde, kue talam, es teler, sekoteng, klepon, tako, es doger, kue candil dan durian lapis

Humas TIC BSD, Taufik Hidayat Syah mengatakan, bahwa ini ujian tertinggi sebelum nantinya akan melanjutkan magang atau job training.

“Ini ujian mahasiswa advance atau level yang tinggi pertiga bulan, kali ini jurusan pastry. Mereka diberi tantangan kombinasikan kue atau cake tradisional menjadi modern,” ujarnya.

“Ke 20 mahasiswa pastry ini, setelah ujian ini akan melakukan job training selama 6 bulan kedepan di hotel-hotel. Tentunya, hotel yang dipilih sesuai dengan keinginan mahasiswa, nantinya akan kami bantu ke hotel yang diinginkan” tambahnya.

Lanjut Taufik, bahwa mengangkat cake tradisional seperti cake kue talam, klepon cake dengan tujuan bisa mengangkat kembali makanan tradisional Indonesia.

“Tujuannya, mengangkat nilai jual dan juga mengangkat nilai makanan tradisional Indonesia. Karena, saat ini sudah banyak kuliner negara tetangga yang masuk dan makanan Indonesia sudah ketinggalan. Dengan ujian seperti ini, kita bisa mengangkat kembali makanan tradisional khas Indonesia,” paparnya.

Sementara itu, salah satu tamu istimewa yang hadir yakni Plt Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Dahlia Nadeak, memberikan apresiasi yang sangat luar biasa kepada Tristar.

“Sudah seharusnya makanan tradisional Indonesia diangkat kembali dengan sajian atau tampilan yang lebih modern. Jika di sajikan dengan tampilan menarik tentunya, banyak orang yang tak mengira bahwa itu merupakan kue tradisional Indonesia,” jelasnya.

Bahkan, nantinya Dahlia akan terus bekerjasama dengan Tristar untuk membuat makanan khas Tangerang Selatan. (lni/asn)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here