Ini Makanan yang Aman Untuk Disantap Saat Berbuka dan Sahur

foto : resepkita.id

METROTANGSEL.COM, Serpong – Bagi sebagian orang, memilih berbuka puasa dengan yang manis dan dilanjutkan dengan makan besar setelah shalat Maghrib, menjadi salah satu solusi agar perut terhindar dari rasa tak nyaman usai kosong seharian.

Tapi, ada banyak pula orang yang terbiasa langsung menyantap makan berat (nasi dan lauk) setelah berbuka puasa dengan hidangan ringan yang manis.

Nah, sebenarnya apa saja yang aman disantap saat berbuka puasa agar tidak terlalu kenyang dan tetap bisa melaksanakan sholat tarawih.

“Yang pasti, porsinya tidak terlalu berat atau ringan dulu, contoh bubur sum-sum, kolak, kudapan-kudapan seperti kue basah atau kue kering. Biar badan juga tidak terlalu kaget. Sedangkan, untuk nasi lebih pas kalau dikonsumsi di jam 9 setelah tarawih,” ujar Pakar Kuliner dan juga Dosen Tristar Institute Culinary BSD, Taufik Hidayat Syah.

Taufik yang mempunyai pengalaman sebagai juru masak di Kapal Pesiar ini, juga memberikan tips santapan sahur yang membuat badan segar untuk menjalankan ibadah puasa.

“Kalau sahur cocoknya kuliner yan lebih bersifat appetite (nafsu makan), karena selera orang bangun tidur biasanya males makan. Jadi contoh makanan yang cocok yaitu lebih mengandung asam seperti, soto, sop dan yang berkuah. Dan, makanan fresh atau yang baru dimasak seperti oseng-oseng sayur bisa juga pepes,” ungkapnya.

Namun, ada juga santapan sahur yang harus dihindarkan bagi para umat muslim.

“Umumnya buat sahur biar pada semangat makannya, masakannya tidak terlalu banyak santan ataupun bukan masakan yang dipanaskan lagi sisa berbuka. Itu, yang terpenting,” pukasnya. (lni/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here