Sistem PPDB Belum Berfungsi Maksimal, Sekolah Fasilitasi Pendaftaran Online

Suasana pendaftaran online di ruang lab Koputer di SMK Negeri 1 Tangsel yang membuka pendaftaran melalui web sekolah. (Foto : Lani/metrotangsel.com)

METROTANGSEL.COM, Ciputat – Memasuki hari kedua Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online SMA/SMK, masih terkendala dengan sistem yang tak bekerja secara maksimal.

Beberapa pihak sekolah mengambil langkah inisiatif untuk tetap bisa menerima berkas para calon peserta didiknya.

Salah satunya di SMK Negeri 1 Tangsel yang membuka pendaftaran melalui web sekolah terlebih dahulu.

“Sistem web PPDB masih belum stabil, masih suka naik turun. Untuk itu, kami membuka pendaftaran terlebih dahulu melalui web sekolah smkn1tangsel.sch.id sambil menunggu web PPDB provinsi berjalan maksimal. Makanya, peserta yang sudah mendaftar melalui web sekolah harus juga mendaftar web PPDB provinsi,” ujar Ketua Panitia PPDB SMKN 1 Tangsel, Linda Karyati, Jumat (22/6/2018).

Linda menambahkan, jika pendaftaran tersebut dibuka sejak kemarin, Kamis (21/6/2018) hingga Senin (27/6/2018).

“Pendaftaran dibuka mulai pukul 08.00 WIB sampai 15.00 WIB. Untuk, besok Sabtu (23/6/2018) sekolah membuka pendaftaran hingga pukul 12.00 WIB saja,” tambahnya.

Berbeda dengan SMK Negeri 4 Tangsel yang menyediakan 60 komputer bagi para calon peserta didik yang ingin mendaftar onlin melalui komputer.

Ketua Panitia PPDB SMKN 4 Bangsel, Bambang Rijadi mengatakan, bahwa dengan adanya penyediakan ruang pendaftaran online disekolah bisa membantu para orangtua maupun para calon peserta didik.

“Kami hanya memfasilitasi para calon peserta didik yang ingin mendaftar online dengan 60 komputer yang terbagi menjadi dua kelas. Karena, kalau melaui handphone kan agak ribet. Nah, kalau di komputer bisa maksimal,” ujar Bambang.

Akan tetapi, para calon peserta didik harus bersabar karena sistem PPDB belum begitu berjalan maksimal.

Lebih lanjut, para calon peserta didik yang datang ke SMKN 4 Tangsel untuk mendaftar akan mendapat panduan dari panitia.

“Iya, nantinya akan dipandu oleh siswa SMKN 4 Tangsel dan juga para panitia untuk mendaftar online hingga pukul 15.00 WIB,” jelasnya. (lni/asn)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here