4 Hari Lagi Pendaftaran Ditutup, KPU Belum Terima Berkas Bacaleg Dari Parpol

METROTANGSEL.COM, Serpong – Memasuki hari kesembilan sejak dibukanya tanggal 4 Juli 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tangsel belum menerima satu pun berkas pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) dari partai-partai politik peserta Pemilu 2019 .

Artinya, kesempatan parpol untuk mendaftarkan bacalegnya dalam mengikuti kontestasi pemilu legislatif 2019,  mendatang hanya beberapa hari lagi.

“Belum pecah telor, sampai saat ini parpol belom ada yang menyerahkan berkas bacalegnya ke KPU,” kata Divisi Tehnis KPU Kota Tangsel, Achmad Mudjahid Zein di Serpong, Jumat (13/7/2018).

Mudjahid sebutkan, belum adanya Parpol yang menyerahkan berkas pendaftaran Bacaleg untuk Pileg tahun depan, disinyalir akibat persoalan tehnis yang dialami oleh Parpol.

Terutama menyangkut urusan Sistem Informasi Calon (Silon). Hal itu diakui Mudjahid, setelah beberapa orang pengurus Parpol melakukan konsultasi ke KPU Kota Tangsel terkait Silon.

“Kendala yang di sampaikan mereka, seputar masalah tehnis. Ada yang sudah lupa saat di Bimtek cara mengupload dokumen. Dokumen apa aja yang di upload dalam silon ini,” ungkapnya.

Kondisi tersebut, lanjut medjahid, KPU tidak bisa memantau Silon partai mengenai dokumen-dokumen apa saja yang sudah dilengkapi oleh Parpol yang bersangkutan.

“Semua dokumen pencalonan itu ada di silon, mulai dokumen B1,B2, B3, SK partai dan sebagainya,” ujar dia.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Tangsel Bambang Dwitoro menegaskan bahwa penyerahan berkas pendaftaran Bacaleg, harus dilakukan sebelum tanggal 17 Juli pekan depan.

Jika Parpol menyerahkan berkas diatas tanggal tersebut, KPU tidak lagi menerima  berkas pendaftaran yang diajukan Parpol.

“Jadi teman-teman dari parpol, agar tidak mendaftarkan di masa-masa injury time. Karena pengajuan berkas pendaftaran ini hanya sekali, jika diatas tanggal yang sudah ditentukan, maka akan memakan waktu lama. Karena kami akan melakukan pencocokan silon tersebut,” tandasnya. (hdr/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here