Si Jum Bagikan Makanan Gratis Selepas Shalat Jumat

METROTANGSEL.COM, Ciputat – Si Jum merupakan kependekan dari Nasi Jumat. Komunitas ini, dibentuk bertujuan memberikan sedekah berupa makan siang yang dilakukan di hari Jumat dengan sasaran kegiatannya adalah para Jamaah yang melakukan shalat Jumat di Mesjid.

Seperti terlihat di Masjid Raya Al I’tisom yang terletak di Pemerintahan Kota Tangsel. Para anggota relawan SiJum sudah bersiap-bersiap, selepas shalat jumat untuk membagikan makanan kepada para jamaah.

“Disini ada 300 makanan yang siap dibagikan secara gratis kepada para jamaah, dengan menu yang berbeda-beda,” ujar Kordinator SiJum, Herdina.

Para jamaah terlihat rapih mengantri untuk mengambil makanan serta minumam gratis. Menurut Dina, SiJum mempunyai 11 dapur yang tersebar di beberapa masjid di Tangsel.

“Iya jadi ada 11 dapur SiJum dan masing-masing punya kepala dapur. Jadi, dia yang menentukan menu apa yang dibuat. Jumlahnya pun masing-masing, misalnya di Masjid Raya I’tisom ada 300 makanan, di masjid lain ada yang 200, 500, paling sedikit 100,” katanya.

Komunitas SiJum ini sudah terbentuk setahun yang lalu tepatnya pada 18 Maret 2017 dan memiliki puluhan anggota serta relawan untuk membantu 11 dapur SiJum.

Tiap hari Jumat, masih kata Dina, SiJum menyiapkan ribuan makanan yang siap dibagikan.

“Sekitar 2.000 tiap hari Jumat diberikan, bisa juga diberikan kepada panti, yayasan atau pekerja jalanan,” ungkapnya.

Salah satu jamaah, Muhamad Kurnianto mengapresiasi dan mendoakan yang sudah mensedekahkan makanan kepada para jamaah agar mendapat pahala setimpal.

“Bismillah, semoga yang sudah memberikan sedekah makanan ini mendapat balasan pahala yang besar aamiin,” tuturnya. (lni/asn)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here