Hilangkan Ketergantungan Pada Beras, DKP3 Gelar Lomba Cipta Menu

Salah satu menu unik yang ditampilkan peserta lomba.

METROTANGSEL.COM, Ciputat – Berbagai masakan dengan olahan non beras, tersaji dalam kegiatan Lomba Cipta Menu B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman) yang digagas oleh Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) di Plaza Balai Kota Tangsel, Ciputat, Kamis (19/7/2018).

 

Kepala DKP3 Tangsel Nur Slamet, lomba ini digelar untuk meningkatkan konsumsi masyarakat dan juga berlomba menciptakan menu sekreatif mungkin.

“Penilaianya akan dihitung berdasarkan penampilan yang menarik, kadar kalori, protein, dan lainnya yang akan dinilai oleh juri Chef Ranu, Ahli Gizi Dinas Ketahanan Pangan Banten dan Ketua PKK Tangsel,” terangnya.

“Hal ini untuk meningkatkan keragaman konsumsi dengan berprinsip pada non beras dan non terigu agar bisa menghilangkan ketergantungan beras,” tambahnya.

Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany yang membuka serta meninjau masakan-masakan apa saja yang tersaji menyambut baik Lomba Cipta Menu ini.

 

“Kegiatan ini merupakan upaya pemkot dalam rangka menggali potensi, mengembangkan kretifitas dalam menciptakan menu, mengangkat citra dan martabat pangan lokal yang beragam, bergizi, seimbang dan aman,” pukasnya.

Salah satu menu yang terdapat di Lomba Cipta Menu yakni bandeng tahu. Olahan bandeng yang sekilas mirip dengan sate bandeng, tetapi dibungkus olahan tahu.

“Isinya dikeluarkan terus kami bungkus dengan tahu dicampur kelapa sedikit,” ujar Sri Kusmiati dari Kecamatan Pondok Aren.

Sementara itu, perwakilan dari Pondok Kacang Timur, membuat Tumis Kebon. Dimana, hasil tumisan merupakan hasil dari kebun yang ditanam mereka.

“Tumis kebon itu isinya jantung pisang, daun melinjo, sama cabe ijo yang diambil dari kebun sendiri,” terang Roihatuljanah. (lni/asn)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here