Program Laseda, 300 Siswa Kunjungi Tempat Bersejarah di Tangsel

METROTANGSEL.COM, Ciputat – Jangan melupakan sejarah, itu yang diucapkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Tangsel kepada ratusan siswa SMP Negeri yang mengikuti kegiatan Laseda, Kamis (26/7/2018).

Laseda adalah bagian dari kegiatan Lawatan Sejarah Nasional (Lasenas) yang telah berjalan dan menjadi program rutin di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

“Ada sebanyak, 300 siswa dari perwakilan 22 SMP Negeri di Tangsel yang ikut Laseda. Dengan menggunakan 7 bus. Laseda bermaksud untuk menggali, menjaga, melestarikan, membina, dan mengembangkan kebudayaan yang ada di Tangsel,” ucap Taryono yang melepas rombongan siswa.

Menurutnya, kegiatan ini sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam kerangka membangun anak-anak yang cerdas dan berkarakter.

Dalam lawatan Laseda, siswa diajak mengunjungi Monumen Peristiwa Lengkong yang terletak di Lengkong Wetan dan juga beberapa monumen sejarah lainnya yang ada di Tangsel.

Sementara itu, Kabid Kebudayaan Dindikbud Tangsel, Iis Nur Asih, dengan tegas mengatakan, bahwa sudah seharusnya siswa mengetahui sejarah yang berada di Tangsel.

“Sudah seharusnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan lebih menggalakkan kegiatan seperti ini agar anak-anak kita tidak akan pernah lupa sejarah kotanya sendiri,” ungkapnya.

Sebagai generasi penerus, wajib untuk mengetahui apa-apa yang telah ada dan yang pernah terjadi. Sehingga, menjadi sejarah yang patut dikenang dan tetap dijaga kelestariannya.

“Satu hal penting yang ingin saya tekankan pada kesempatan ini. Mari kita jadikan kegiatan ini, sebagai wadah untuk mengenal sejarah panjang dari kota kita ini,” pungkasnya.

Saat ini, Pemerintah Kota sedang dan telah melakukan upaya-upaya yang diharapkan akan dapat mendukung pelestarian sejarah yang berciri kearifan lokal, sebagai contoh, dengan melakukan inventariasi situs, benda dan cagar yang ada Kota Tangerang Selatan.

“Mari kita semua berupaya bersama untuk melestarikan sejarah kota sehingga akan ada cerita bagi anak-anak muda ini nantinya,” tutupnya. (lni/asn)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here