300 Penyembelih Hewan Qurban di Tangsel Sudah Disertifikasi

Foto : Istimewa

METROTANGSEL.COM, Balai Kota – Sebanyalk 300 penyembelih hewan Qurban di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) diberikan sertifikasi yang diselenggarakan Kementrian Agama (Kemenag) dan MUI Tangsel.

Pemberian sertifikasi tersebut sebagai bentuk pencegahan terhadap penyembelih dadakan yang kerap muncul saat Hari Raya Idul Adha 1439 H.

“Sertifikasi pemotongan hewan qurban itu adalah apa yang harus dimiliki si penyembelih hewan qurban. Harus memenuhi syarat yang sudah ditentukan sariat islam. Kadang banyak penyembelih dadakan di Tangsel, dengan sertifikasi dapat memberi kenyamanan bagi masyarakat Tangsel dan juga antisipasi kehalalan daging, karena ini kan menyangkut ibadah,” jelas Kepala Kemenag Tangsel, Abdul Rozak, Rabu (15/8/2018).

Lebih lanjut, adapun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh penyembelih qurban untuk mendapatkan sertifikasi, harus memenuhi beberapa poin.

“Syaratnya tentu harus islam, balig, kemudian harus memahami betul jenis hewan. Terus, tata cara penyembelihan harus dihadapkan ke kiblat. Diawali membaca bismilah, doa, takbir dan sebagainya. Saat motong pisau harus tajam, memutus tiga urat hewat,” ungkap Rozak. (lni/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here