Dindikbud Apresiasi Kegiatan Rutin SMPN 4 Tangsel Dalam Berkurban

METROTANGSEL.COM, Pamulang – Hari raya Idul Adha 1439 H dijadikan momentum bagi para siswa untuk belajar berkurban.

Seperti yang dilakukan oleh SMP Negeri 4 Tangsel yang melaksanakan kurban di lingkungan sekolah dengan rincian 2 ekor sapi dan 3 ekor kambing, Kamis (23/8/2018).

Kepala SMPN 4 Tangsel, Rita Juwita mengatakan, bahwa kurban ini dari hasil sodakoh para siswa dalam rangka sebagai pembelajaran kurban dan sudah menjadi kegiatan rutin.

“Siswa memberikan sodakoh jariyah untuk kurban dalam rangka pembelajaran. Hasil yang terkumpul untuk sapi diikhlaskan untuk siswa tidak mampu dan OB, sedangkan kambing atas nama siswa itu sendiri. Ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan sekolah untuk pembiasaan karakter anak, supaya berbagi dan mendalami agamanya bagi yang muslim,” jelas Rita.

Hasil dari kurban sendiri, nantinya akan diberikan kepada ojek yang selalu mengantar para siswa SMPN 4 Tangsel dan juga lingkungan sekitar.

“Untuk pembagian daging, akan diberikan kepada ojek yang setiap hari mengantar siswa sekolah, warga sekitar, sopir angkot, pangkalan ojek dan pemulung,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Tangsel Taryono, yang datang langsung untuk menyaksikan pemotong hewan kurban.

Sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan pembelajaran rutin yang bersifat sukarela ini.

“Kami sangat mendukung karena maknanya begitu baik, dalam rangka membangun generasi cerdas dan berkarakter. Banyak  pembelajaran, bahwa setiap keinginan yang besar harus banyak pengorbanan. Berkurban mengajarkan dalam iman dan taqwa kita peduli. Pembelajaran berkurban sejalan cita-cita nasional, membangun generasi cerdas dan berkarakter,” ungkapnya. (lni/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here