Skystar Ventures dan ACE Singapura Sepakat Membangun Ekosistem Startup

METROTANGSEL.COM, Gading Serpong – Skystar Ventures, tech incubator milik Universitas Multimedia Nusantara menyepakati kerjasama melalui penandatanganan MoU dengan Action Community for Entrepreneurship (ACE) Singapura yang disaksikan oleh Menteri Koordinator Perekonomian Indonesia, Darmin Nasution beserta Menteri Perdagangan dan Industri Singapura, Chan Chun Sing pada pertemuan tingkat menteri 6WG di Hotel Marina Mandarin Singapura, Jumat (7/9/2018).

Dalam siara pers yang diterima metrotangsel.com, Skystar Ventures dan ACE akan bersama-sama memperkuat koneksi ekosistem startup Indonesia dan Singapura serta mendorong inovasi regional melalui inisiatif bersama seperti program untuk mengakses pasar, pertukaran pengetahuan, dan akses jaringan partnership.

Kerjasama ini merupakan inisiatif dari Enterprise Singapore dan merupakan perluasan dari kegiatan Global Innovation Alliance (GIA) di Jakarta.

Selain Skystar Ventures, ACE juga menggandeng EV Hive dalam penandatanganan kerjsama dengan pihak Singapura. Baik Skystar Ventures, EV Hive, dan ACE akan berperan sebagai pusat koneksi inovasi di bidangnya masing-masing untuk mendorong inovasi regional melalui ACE Connected Ecosystem, yaitu sebuah jaringan mitra regional dan global.

“ACE bersyukur memiliki Skystar Ventures dan EV Hive bergabung dengan jaringan kemitraan ACE Connected Ecosystem. Kami sangat senang atas kolaborasi ini untuk mendukung startup dalam perjalanan internasionalisasi mereka melalui berbagi bantuan akses pasar,” ucap Wakil Ketua ACE James Tan.

Pernyataan itu disambut baik oleh Inkubator Manager Skystar Ventures, Yovita Surianto, yang berharap dapat memberikan dampak nyata bagi kedua belah pihak.

“Kami sangat antusias menyambut kerjasama dengan ACE dalam mengembangkan kewirausahaan khususnya di bidang bisnis digital. Kami juga berharap bahwa kolaborasi ini dapat memberikan manfaat dan dampak yang nyata bagi kedua belah pihak,” pungkasnya.

Sementara itu Direktur Grup Regional untuk Indonesia dari Entreprise Singapore Khairul Anwar, menjelaskan bahwa Indonesia merupakan satu negara yang paling cepat dalam ekonomi startup.

“Ekosistem startup di Indonesia adalah salah satu yang paling cepat berkembang di Asia Tenggara, dimana telah melahirkan startup unicorn karya bangsa seperti Go-Jek dan Tokopedia. Kerjasama ACE, Skystar Ventures dan EV hive tentunya akan memberikan peluang tambahan bagi startup di kedua negara untuk mendapatkan akses mitra yang potensial guna memperkuat inovasi ekosistem startup di Singapura dan Indonesia,” jelasnya.

Kerjasama ini juga berati membuka kesempatan bagi startup Indonesia dan Singapura untuk berkolaborasi, sekaligus memperluas pasar ke jaringan internasional.

Dengan dukungan dari pemerintah Indonesia dan Singapura, mitra ACE Connected Ecosystem juga akan bergabung dalam acara Pekan Inovasi dan Teknologi Singapura (SWITCH), yang akan diselenggarakan pada Minggu, 17 September 2018 mendatang.

Perlu diketahui, Skystar Ventures adalah Tech Incubator dan lingkungan berbasis komunitas untuk startup di bidang internet dan mobile yang didukung oleh Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dan Kompas Gramedia Group (KGG).

Skystar Ventures telah dinobatkan sebagai program inkubator terbaik oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti) pada tahun 2016.

Skystar Ventures memiliki 3 fokus utama, yaitu Program Inkubasi, Coworking Space, dan modal ventura bernama Skystar Capital. Sekarang, setelah hampir 5 tahun beroperasi, Skystar Ventures berafiliasi dengan PHI Integration membentuk DQLab.id, sebuah platform pembelajaran online untuk Data yang menggabungkan basis interaktif, imersif, dan praktis. (lni/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here