Seribu Peserta Pawai Obor MUI Dikawal Pasukan Berkuda Daarut Tauhiid

METROTANGSEL.COM, Pamulang – Sekitar seribu peserta pawai obor yang digagas MUI Tangsel, dilepas oleh Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany di Adin House Villa Dago, Pamulang menuju Pemkot Tangsel selepas Magrib, Senin (10/9/2018). Para peserta pawai ini dikawal oleh dua pasukan berkuda milik Pesantren Daarut Tauhiid.

Kepala Kemenag Tangsel, Ust. Abdul Rozak menjelaskan, momen tersebut merupakan tonggak sejarah dimulainya peradaban Islam dan terbentuknya negara Islam, serta tersebarnya dakwah Islam yang diambil dari peristiwa hijrahnya Nabi dari Mekkah ke Madinah terjadi tahun 622 Masehi.

“Dari situlah Nabi mulai menata islam ke depan termasuk perluasan Islam. Ketika di Mekkah Nabi banyak hambatan, seperti pengikutnya banyak yang dibunuh diintimidasi. Oleh sebab itu Nabi melakukan hijrah,” ujarnya.

Menurut Rozak, dengan peringatan tahun baru Islam 1440 Hijriah diharapkan bisa menggelorakan semangat hijrahnya Nabi Muhammad SAW. Bukan hanya di Vila Dago, Pamulang saja, namun di seluruh Kecamatan yang ada di Kota Tangsel.

“Terlihat tahun ini semangat keislamannya sangat luar biasa, hingga masyarakat tertarik untuk menyemarakan tahun baru Islam dengan pawai obor, dzikir, ceramah hingga santunan,” jelasnya.

Sementara dalam sambutannya Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam dan memanjaatkan doa agar lebih baik. Selain itu, agar pelaksanaan pawai obor dengan jarak 4 kilometer berjalan tertib aman dan tanpa halangan apapun.

“Semoga dengan datangnya tahun baru Islam 1440 Hijriah bisa menjadi ajang silahturahmi, meningkatkan keimanan kepada Allah dan diajarkan mengenai makna mengedukasi keimana dan ketaqwaan,” ungkapnya.

Kegiatan yang sama juga dilakukan di beberapa wilayah. Seperti di RW 01 Bambu Apus Pamulang dan warga Cilenggang yang terlihat antusias menyemarakan kegiatan tahun baru Islam 1440 Hijriah.

Berbagai kalangan dari anak-anak, dewasa hingga orang tua dengan tertib mengelilingi wilayah Kelurahan Bambu Apus diantaranya Villa Pamulang Mas dan Komplek Depag.

Lurah Bambu Apus, Subur mengapresiasi kegiatan yang dilakaanakan warganya. Menurutnya, ini sebagai bentuk perayaan tahun baru Islam yang harus disambut dengan penuh gegap gempita.

“Saya apresiasi ini, mereka melaksanakan pawai selepas salat berjamaah jadi memang ini sangat menyambut tahun baru Islam. Saya harap dapat memperbaiki diri, bukan hanya menyambut tahun baru Islam saja, tetapi harus menyambut diri agar lebih baik,” ujarnya.(lni/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here