Seribu Sahabat Bawaslu Tangsel Ikuti Apel Siaga Pengawasan Pileg dan Pilpres 2019

METROTANGSEL.COM, Setu – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar apel siaga bersama seribu sahabat Bawaslu di lapangan Kecamatan Setu, Sabtu (22/9/2018).

Mereka adalah relawan pengawas pemilu yang berasal dari masyarakat unum, pelajar, mahasiswa, organisasi kepemudaan, organisasi masyarakat (Ormas), perwakilan partai, organisasi non pemerintah serta lembaga keagamaan yang ada di Kota Tangsel.

Ketua Bawaslu Kota Tangsel Muhamad Acep mengatakan, apel siaga Pemilu 2019 tersebut merupakan bentuk partisipatif dan keterlibatan langsung masyarakat dalam mengawasi pelaksanaan Pemilu.

“Kami ingin masyarakat sadar pemilu dan terlibat penuh dalam pengawasan pelaksanaan pemilu nanti,” kata Acep.

Menurut Acep, ribuan relawan pengawas Pemilu itu mulai efektif mengawasi jalannya kampanye sejak 23 September ini, harus bisa melakukan deteksi dini hal-hal terjadinya pelanggaran Pemilu. Selanjutnya, dari pendeteksian tersebut bisa dilaporkan ke Bawaslu Tangsel untuk ditindaklanjuti.

“Mereka bisa juga jadi pelapor jika ada pelanggaran Pemilu. Tapi kalau mereka tidak mau jadi pelapor, mereka cukup menyerahkan laporan saja, nanti Bawaslu yang akan menindaklanjuti laporan relawan ini,” harap Acep. (Jpn/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here