Kantor SMSI Banten Diverifikasi Langsung Oleh Ketua Dewan Pers  

Ketua Dewan Pers Yosef Adi Prasetyo (tengah) tengah berbincang dengan Sekjen SMSI Firdaus (kiri baju putih) di Kantor SMSI Banten. Senin, (24/9/2018).

METROTANGSEL.COM, Banten Raya – Ketua Dewan Pers Yosef Adi Prasetyo mengunjungi Sekretariat Pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Banten, di Jalan Sudirman, Serang. Senin (24/9/2018).

Ia datang didampingi Sekjen SMSI, Firdaus dan sekertaris PWI Banten Cahyono untuk melakukan verifikasi faktual terhadap keberadaan kantor atau sekretariat SMSI wilayah Banten.

“Biasanya yang memverifikasi ya dari tim verifikasi.Tapi, khusus untuk SMSI Banten, saya jadi petugas yang  memverifikasi. Jadi Provinsi lain boleh cemburulah,” ujar Ketua Dewan Pers, Yosef Adi Prasetyo, disambut tepuk tangan para pengurus SMSI Banten yang hadir.

Dalam proses verifikasi faktual yang berlangsung hangat itu, Yosep mulai mendata sekaligus melontarkan beberapa pertanyaan mendasar kepada ketua SMSI Banten Junaidi dan sekertaris Rapih Herdiansyah tentang kelengkapan dokumen organisasi serta kesiapan perangkat kantor kesekretariatan.

Seperti, kelengkapan ruang sekretariat termasuk tenaga administrasi,  jumlah perusahaan media online yang sudah bergabung menjadi anggota, program kerja jangka pendek dan menengah, hingga pengecekan data personal para pengurus SMSI Banten.

Seperti diketahui SMSI yang merupakan salah satu wadah organisasi yang menaungi para pemilik atau pengusaha media online tengah menjalankan proses verifikasi terhadap keberadaan organisasi SMSI di daerah di Indoneisa sebagai tahapan persyaratan untuk bisa masuk dan ditetapkan menjadi konstituen Dewan Pers.

Salah satu persyaratan yang wajib dipenuhi yaitu minimal beranggotakan 200 perusahaan pers dan mempunyai struktur kepengurusan organisasi cabang minimal di 15 daerah provinsi di Indonesia.

“Saat ini sudah ada 8 kepengurusan SMSI di daerah provinsi yang sudah dilakukan verifikasi oleh Dewan Pers, Mudah mudahan sisanya bisa selesai tahun ini (2018), terpenuhi,”tandas Sekjen SMSI, Firdaus.

Kedelapan kepengurusan SMSI provinsi yang sudah diverifikasi yakni,  Jawa Timur, Riau, Kepri, Sumatera Barat, Bengkulu, Babel, Sumatera Selatan, dan Banten. (asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here