Pamerkan 1.312 Lukisan di Mall, TNI AD Raih Rekor MURI Dunia

Wakil Kepala Staf Angkatan Darat, Letnan Jendral TNI Tatang Sulaiman. menerima Piagam Muri Dunia dari pendiri MURI, Jaya Suprana.

METROTANGSEL.COM, Tangerang – Menyambut HUT TNI ke 73 pada 5 Oktober mendatang, TNI Angkatan Darat meraih rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI) Dunia atas pencapaian pameran lukisan terbanyak sebanyak 1.312 lukisan.

Lukisan berukuran sekitar 2×1 meter inu dipamerkan di Mall @Alam Sutera, Kota Tangerang, mulai Kamis hingga Minggu (27-30/9/2018).

Pendiri MURI, Jaya Suprana mengatakan, TNI sebenarnya mengajukan pemecahan Rekor MURI Indonesia.

Namun, bila dilihat dari proses dan pencapaian yang dilakukan, TNI berhak mendapatkan rekor MURI Dunia.

“Mohon maaf kepada pak Wakasad, saya tidak bisa mengabulkan permohonan untuk Rekor MURI Indonesia, melainkan dunia,” ujar Jaya Suprana sebelum penyerahan piagam rekor yang disambut gemuruh sorak sorai prajurit TNI yang hadir, Kamis (27/9/2018).

Menurutnya, baru TNI yang notabennya adalah prajurit mau menyatu dengan rakyat, melaksanakan manunggal TNI, dan menyalurkan minat dan bakat masyarakat.

Sementara tentara di negara lain, sekalipun itu adalah negara adidaya, hanya sibuk mengamankan daerah teritori negara ataupun perdagangan dunia.

“Ini sisi humanis kita, menyatu dengan rakyat. Sementara tugas negara tidak dilupakan,” ujar Jaya.

Piagam MURI itu pun diterima langsung oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Darat, Letnan Jendral TNI Tatang Sulaiman.

Menurutnya, lukisan ini adalah karya pelukis-pelukis yang diasuh atau dibina oleh Komando Daerah Militer (Kodam) seluruh Indonesia.

“Kodim dan Kodam mengakomodir dan menginventalisir hasil karya pelukis-pelukis ini dan terkumpul 1.312 lukisan. Makanya ini jadi pameran lukisan terbanyak,” tuturnya.

Kemudian, tema yang diangkat para pelukis ini adalah bagaimana lewat budaya bisa menangkal radikalisme.

Wakasad pun mengaku dibuat kagum dengan karya lukis yang dipamerkan, makanya dia berharap lukisan-lukisan bagus bisa dipajang di markas Kodim dan Kodam.

“Ini kan mereka melukiskan aktifitas TNI jadi sangat cocok bila dipajang di markas-markas kita di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu Public Relations Executive Mall @ Alam Sutera, Andina Rizki Ambari menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini. Selain lukisan pun, akan terdapat pameran alat kendaraan tempur milik TNI.

“Mall @ Alam Sutera untuk pertama kalinya mengadakan acara dan bekerja sama dengan TNI, bertajuk Military Expo. Acara ini diharapkan dapat menjadi kesempatan besar bagi masyarakat, terutama bagi yang berada di kawasan Tangerang untuk mengenal lebih dalam mengenai TNI,” ungkapnya.

TNI juga memberi uang binaan sebesar Rp 5 juta untuk juara ke empat yang diperoleh Harie Aminoto hasil binaan Kodam VI Kalimantan dengan tema ‘Sinegeritas TNI dengan Rakyat’.

Lalu juara tiga mendapat Rp 10 juta diperoleh pelukis Ahmad Soleh dari Kodam IV Diponegoro, dengan tema ‘Tolak Radikalisme’.

Juara dua mendapat Rp 15 juta diperoleh pelukis asal Kodam XII Kalimantan Barat, yaitu Doan Marimba dengan tema ‘Bersama Rakyat TNI Kuat’.

Dan juara satu meraih Rp 20 juta diraih Kodam V Brawijaya dengan tema ‘Refreshing’ yang diraih oleh pelukis Camil Handy.

Pameran dan lomba lukis, pentas seni budaya serta pameran Alutsista ini akan digelar sampai 3 Oktober mendatang. (lni/asn)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here